Demokrat Kecam Aksi Pelemparan Telur Busuk dan Kaos Kaki di Aceh

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 04 Desember 2022 | 15:13 WIB
Kamhar Lakumani/Dok Pribadi
Kamhar Lakumani/Dok Pribadi

SinPo.id -  Partai Demokrat mengecam keras aksi provokatif dan tak bertanggung jawab berupa pelemparan telur busuk dan kaos kaki ke kantor partai NasDem di Aceh, yang dianggap sebagai tindakan pengecut dalam politik.

"Ini bukan gaya politik Aceh, bukan pula gaya politik masyarakat Indonesia di berbagai daerah lainnya dalam merespon perbedaan politik, Kita sudah menjalani berulang kali pemilu namun tak ada praktek serendah dan sehina ini sebelumnya," kata Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani.

Menanggapi hal itu, ia meminta agar aparat bertindak cepat dan profesional agar peristiwa serupa tak terulang dan menular ke daerah lainnya, karena aksi-aksi fisik semacam itu dapat menimbulkan gesekan di masyarakat.

"Berbagai cara dilakukan untuk menjegal aspirasi dan konsolidasi politik untuk perubahan, mulai dari persoalan perizinan dan kini aksi teror berupa pelemparan," ungkapnya.

Kamhar juga mengajak masyarakat agar tak terpancing dan bisa menahan diri, karena bukan tidak mungkin ada kekuatan yang ingin membenturkan sesama masyarakat agar terjadi kekacauan yang bisa menjadi pintu masuk untuk penundaan pemilu.

Selain itu, Presiden Joko Widodo diminta berhenti mengendorse Capres dan Cawapres, selain tidak etis, itu juga berpotensi besar mencederai demokrasi.

"Biarkan proses politik berjalan secara alamiah agar Pak Jokowi memiliki legacy demokrasi yang baik yang selama ini tercatat mengalami kemunduran. Masyarakat juga harus melakukan kontrol demokrasi atas kekuasaan," katanya menambahkan.sinpo

Komentar: