Atasi Badan Lemas Usai Bepergian dengan Cara Ini

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 03 Desember 2022 | 16:26 WIB
Ilustrasi/iStock
Ilustrasi/iStock

SinPo.id -  Badan merasa lemas usai bepergian jauh, memang sesuatu yang wajar. Namun, tentu tubuh perlu istirahat sejenak untuk mengisi ulang tenaga yang sudah banyak terkuras. Hal ini untuk menghindari tubuh menjadi drop dan berujung jatuh sakit. 

Salah satu penyebab tubuh lelah setelah bepergian adalah kurang tidur. Maka dari itu, segera istirahat usai sampai dirumah. Usahakan tidur cukup setidaknya enam sampai delapan jam setiap malam. Hindari begadang yang justru bisa membuat tubuh lemas. 

Melansir Halodoc, dibawah ini terdapat beberapa tips untuk mengatasi tubuh lemas setelah bepergian, selain dengan istirahat cukup. 

Pertama ialah, mandi di pagi hari. Setelah beristirahat di malam hari, segera mandi di pagi hari agar tubuh menjadi segar. Mandi di pagi hari nyatanya bisa memperlancar sirkulasi darah sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. 

Sebab, mandi di pagi hari akan merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah putih lebih banyak. Nah, sel-sel ini yang berfungsi menangkal serangan berbagai virus dan bakteri  penyebab penyakit. 

Kemudian yang kedua, cukupi kebutuhan cairan, karena kurang minum bisa membuat tubuh dehidrasi sehingga membuat badan semakin lemah. Cukupi kebutuhan cairan dengan rutin minum air putih minimal delapan gelas sehari. 

Air putih adalah pilihan terbaik ketimbang lainnya karena tidak ada tambahan apapun. Hindari meminum teh atau kopi yang mengandung kafein. Zat ini bisa menyebabkan gangguan tidur sehingga mengganggu waktu istirahat. Bukan itu saja, kafein juga bisa memicu asam lambung sehingga mual bisa semakin parah. 

Ketiga yaitu pijat, setelah bepergian kerap kali membuat tubuh pegal-pegal. Maka dari itu salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya ialah dengan memanjakan tubuh dengan pijat. Selain itu, pijat juga dapat memberikan efek relaksasi santai sekaligus menghilangkan stres. 

Itulah tips memulihkan kembali tubuh yang lemas pasca bepergian. Hal ini dapat dilakukan, untuk membuat tubuh dapat kembali menjalankan aktivitas dengan bersemangat kembali. sinpo

Komentar: