Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Menpora: Lolos karena Prestasi Jangan Seperti Timnas Qatar

Laporan: Sinpo
Sabtu, 03 Desember 2022 | 01:54 WIB
(foto:putra/kemenpora.go.id)
(foto:putra/kemenpora.go.id)

SinPo.id -  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, meminta Timnas Indonesia U-20 mempersiapkan diri secara maksimal menjelang berlaga di Piala Dunia U-20 pada 2023. Dia meminta jangan seperti Timnas Qatar yang lolos ke turnamen karena faktor tuan rumah

“Kita semua berharap bahwa timnas kita lolos, bukan hanya karena sebagai tuan rumah. Tapi dia lolos karena prestasi. Kita melihat bagaimana Qatar mempersiapkan dengan sebaik-baiknya, akhirnya ya lolos sebagai tuan rumah,” kata dia, seperti dilansir laman Kemenpora. 

Jelang berlaga di Piala Dunia U-20, Timnas Indonesia U-20 telah menjalani pemusatan latihan dan uji coba di Turki dan Spanyol selama dua bulan. Dia menilai pemain tim nasional Indonesia U-20 memiliki progres yang sangat bagus usai mengikuti program pemusatan latihan atau Training Center (TC) di Turki dan Spanyol. 

“Coach Shin Tae-yong mengatakan bahwa anak-anak ini (pemain timnas) progresnya luar biasa. Ketahanan fisik mereka juga makin bagus, endurance makin bagus, kerja sama timnya juga makin bagus,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Menpora Amali, untuk terus menjaga performance para pemain tersebut dibutuhkan kompetisi. Disamping itu, diantara para pemain tersebut bahkan dimasukkan ke dalam skuad pemain senior.

“Berbagai hal sudah dilakukan. Bahkan sekarang ada beberapa yang sudah dimasukkan dengan tim senior, supaya mereka ada atmosfer pertandingan yang sesungguhnya bersama dengan kakak-kakak mereka,” katanya.

Selanjutnya, Menpora Amali memastikan bahwa Indonesia sudah siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang pada Mei 2023 mendatang. Semua stadion yang akan digunakan sebagai venue sudah siap digunakan. Meskipun masih ada renovasi atau perbaikan, namun sifatnya renovasi minor saja.  Oleh karena itu, Menpora Amali meminta kepada seluruh masyarakat agar menunjukan menjadi tuan rumah yang baik dan memastikan orang yang datang ke Indonesia merasa nyaman. 

“Kita harus memberikan dukungan penuh kepada orang yang datang ke Indonesia agar mereka merasa nyaman, mereka punya kesan yang baik dan bertanding dengan enak tanpa ada gangguan. Sehingga begitu dia kembali lagi ke negaranya dia akan bercerita tentang Indonesia yang enak. Kalau kita bagus sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20, kita berharap kita juga mempunyai kesempatan menjadi penyelenggara atau menjadi tuan rumah Piala Dunia tim senior,” ujarnya.

Zainudin Amali meminta masyarakat untuk mendukung penuh Timnas Indonesia pada ajang Piala Dunia U-20 2023. Menpora Amali juga berharap Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang ramah. 

“Ya kita telah menjadi tuan rumah dan itu merupakan hasil dari kerja keras semua pihak. Tunjukkan bahwa kita sebagai masyarakat pecinta sepak bola siap menyambut mereka,” kata Menpora Amali. 

Menpora Amali ingin seluruh pihak secara bersama-sama menjaga suasana aman dan kondusif selama penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. Menpora Amali tak ingin ada gangguan apa pun yang nantinya bisa merusak citra baik Indonesia dimata dunia. 

“Kita harus siap dukung penuh dan semua negara peserta dan lainnya harus bisa mendapat kesan yang baik. Kita tak ingin tamu negara mendapat kesan yang tidak nyaman. Kita harus memanfaatkan status tuan rumah ini dengan sebaik mungkin. Kemudian juga bagaimana negara peserta dan lainnya yang datang ke Indonesia ini bisa membagi cerita baik ketika mereka kembali ke negaranya masing-masing. Mereka harus mendapat kesan yang baik selama di Indonesia. Saya harap masyarakat memberikan dukungan penuh terhadap Timnas Indonesia,” jelas Menpora Amali.
 sinpo

Komentar: