Warga Kampung Bayam Geruduk Balai Kota, Tuntut Segera Huni Rusun

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 01 Desember 2022 | 13:48 WIB
Warga Kampung Bayam menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Balai Kota Jakarta. (SinPo.id/Zikri Maulana)
Warga Kampung Bayam menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Balai Kota Jakarta. (SinPo.id/Zikri Maulana)

SinPo.id -  Puluhan warga Kampung Bayam menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat pada Kamis 1 Desember 2022. Mereka menuntut hak segera menghuni rumah susun Jakarta International Stadium (JIS).

Pantauan Sinpo.id dilokasi sekitar pukul 12.30 WIB, massa aksi mendirikan tenda darurat serta membentangkan spanduk berisi tuntutannya. Selain segera dapat masuk ke dalam hunian, mereka juga minta harga hunian yang murah.

"Pertama tujuan kami, kami ingin sebisa mungkin hunian rusun di JIS itu. terus, yang kedua, kami bisa masuk ke dalam," kata Ketua Koperasi Persaudaraan Warga Kampung Bayam, Asep Suwenda saat berdemonstrasi.

Asep mengatakan sudah verifikasi serta mendapatkan nomor hunian, bahkan sudah terdapat Surat Keputusan (SK) serta turut diundang saat peresmian yang dilakukan Gubernur DKI sebelumnya, Anies Baswedan. 

"Artinya kami punya hak masuk ke dalam hunian itu. Terus kemudian, mengenai nominal harga, itu kami minta disesuaikan sama rusun yang ada di jakarta, terutama rusun akuarium sama kunir," kata Asep menjelaskan. 

Meski menuntut harga yang murah, Asep menegaskan prioritas tuntutan warga ialah sesegera dapat menghuni KSB tersebut. 

"Prioritas utama itu ya bagaimana sesegera mungkin masuk ke dalam rusun di JIS. Harga terjangkau buat masyarakat," katanya. sinpo

Komentar: