AS VS Iran di Piala dunia, Wartawan Tanyakan Hubungan Politik Kepada Berhalter

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 29 November 2022 | 10:24 WIB
Gregg Berhalter dan Tyler Adams. (SinPo.id/NY Post)
Gregg Berhalter dan Tyler Adams. (SinPo.id/NY Post)

SinPo.id -  Seorang wartawan Iran menanyakan hubungan politik kedua negara tersebut kepada pelatih Timnas Amerika Serikat, Gregg Berhalter, saat menjelang pertandingan sepak bola antara Amerika Serikat (AS) melawan Iran di Piala Dunia Qatar 2022.

Pertanyaan politik itu disampaikan saat konferensi pers, Berhalter ditanya mengapa dia tidak meminta pemerintah AS untuk memindahkan kapal Angkatan Laut AS dari Teluk Persia. Bahkan ia juga ditanya tentang kebijakan imigrasi AS.
“Saya tidak cukup tahu tentang politik, Saya seorang pelatih sepak bola,"jawab Berhalter, dilansir dari New York Post, Selasa 29 November 2022.

Ia juga membahas kontroversi media sosial yang meletus selama akhir pekan, ketika Sepak Bola AS menghapus lambang Republik Islam dari bendera Iran dalam sebuah postingan sebagai dukungan bagi pengunjuk rasa di Iran berkaitan dengan kematian Mahsa Amini.

"Para pemain dan staf tidak tahu apa yang dikeluarkan oleh US Soccer sehubungan dengan postingan yang kemudian dihapus tersebut," kata Berhalter.

ia mengatakan “yang bisa dilakukan adalah meminta maaf atas nama para pemain dan staf. “Tetapi itu bukan sesuatu yang kami lakukan,” kata Berhalter yang juga menyatakan dirinya bersama rakyat Iran.

Tak hanya Berhalter, kapten timnas AS, Tyler Adams, juga ditanya tentang mengapa ia salah menyebut nama Iran, dan langsung meminta maaf atas kesalahannya dalam pengucapan nama Iran.

"Saya minta maaf atas kesalahan pengucapan negara Anda," kata Adams kepada wartawan Iran tersebut.
Seperti diketahui, aksi protes telah mengguncang Iran setelah kematian Mahsa Amini yang ditangkap polisi moral karena melanggar aturan jilbab yang ketat. Beberapa pemain Iran bahkan tidak menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan dimulai sebgai bentuk aksi protes mereka.sinpo

Komentar: