Pulau Ischia Italia Longsor, Tujuh Orang Dilaporkan Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 28 November 2022 | 10:40 WIB
Longsor di Pulau Ischia/ Skynews
Longsor di Pulau Ischia/ Skynews

SinPo.id - Sedikitnya tujuh orang, termasuk bayi yang baru lahir dan dua anak, tewas dan lima orang lainnya dilaporkan hilang akibat tanah longsor yang menghancurkan kota kecil di pulau Ischia, Italia selatan.

Puluhan tim penyelamat dan sekelompok penyelam dikerahkan untuk mencari korban lainnya yang masih hilang.

Pasalnya, tanah longsor yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi tersebut telah membuat lumpur dan puing-puing bangunan meluncur melewati kota pelabuhan Casamicciola Terme. Longsor juga menghancurkan sejumlah bangunan, dan mendorong beberapa mobil ke laut.

Para ahli mengatakan bencana tersebut diperparah dengan adanya pembangunan di daerah yang berisiko. Karena pulau tersebut memiliki gunung berapi dan berada di zona seismik aktif.

Berdasarkan data statistik, Ischia memiliki banyak rumah yang dibangun secara ilegal, menempatkan penduduk pada risiko permanen dari bencana banjir dan gempa bumi, yang sering melanda pulau berbukit tersebut selama beberapa tahun terakhir.

“Orang-orang harus memahami bahwa mereka tidak dapat tinggal di beberapa daerah, dan bangunan di daerah berisiko harus dirobohkan,” kata Gubernur Campania Vincenzo De Luca, dilansir dari Al Jazeera, Senin 28 Oktober 2022.

Terlepas dari risiko bencana yang menghantui penduduk, Ischia merupakan pulau vulkanik yang terletak sekitar 30 kilometer atau 19 mil dari Naples, Italia. Pulau itu selalu menarik banyak pengunjung untuk datang ke pemandian air panas dan garis pantainya yang indah.sinpo

Komentar: