Pak Bowo Tekankan Politik Bebas Aktif Jadi Panduan RI Hadapi Tantangan Dunia

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 25 November 2022 | 20:29 WIB
Prabowo berkesempatan berfoto bersama peserta acara Idea Talks/Tim Media
Prabowo berkesempatan berfoto bersama peserta acara Idea Talks/Tim Media

SinPo.id -  Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menjadi keynote speaker di salah satu sesi IdeaTalks dalam acara IdeaFest 2022 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Jumat, 25 November 2022.

Dalam agenda tersebut, Prabowo mengampu diskusi bertema ‘Leadership in a Polarized World’ yang  dipandu oleh Founder Asumsi, Pangeran Siahaan. Prabowo mengungkap tiga tantangan yang kini tengah dihadapi dunia.

“Tantangan global yang saat ini dihadapi adalah the rise of China, food, energy and water security, dan climate change,” kata Prabowo.

Ia menyebut, sebagian masalah tersebut merupakan masalah yang nantinya akan dihadapi oleh generasi penerus bangsa. Kendati demikian, Prabowo memandang politik bebas aktif yang dianut Indonesia merupakan salah satu ‘panduan’ bagi anak muda untuk menghadapi tantangan ini.

“Untung kita punya tradisi bebas aktif, tradisi kita seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak. Itu wisdom dari bapak bangsa, inilah yang saya terima, kita warisi kepada generasi penerus,” ungkap Prabowo.

“Jangan mau dibawa ke sini, jangan mau dibawa ke sana. Hormati semua. Semuanya harus mengejar apa yang diminta rakyat. Rakyat butuh kemakmuran,” paparnya.

Untuk menggapai kemakmuran, lanjut Prabowo, diperlukan upaya untuk mencapai perdamaian.

Prabowo pun mengapresiasi terselenggaranya IdeaFest 2022. Ia menyebut ruang diskusi seperti yang ini merupakan langkah baik untuk bertukar gagasan antar anak muda yang peduli dengan bangsa.sinpo

Komentar: