Kejagung Pamer Hasil Kerja Intelijen di Depan Komisi III DPR

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 23 November 2022 | 13:33 WIB
Ruang rapat Komisi III DPR RI/KemenPAN-RB
Ruang rapat Komisi III DPR RI/KemenPAN-RB

SinPo.id -  Kejaksaan Agung (Kejagung) membeberkan capaian kerjanya di bidang intelijen untuk Tahun 2022 dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI. Salah satunya, menangkap 157 orang yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Capaian kinerja yang berhasil dilaksanakan dalam bidang intelijen antara lain berhasil menangkap 157 orang DPO dalam program tangkap buron," kata Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 23 November 2022.

Selain itu, kejaksaan telah melaksanakan 90 kegiatan pengamanan pembangunan strategis dengan pagu anggaran sebesar Rp242 triliun. Kejagung juga sudah membentuk 543 posko pemilu.

Selanjutnya, bidang intelejen melalui pusat penanganan hukum juga telah meluncurkan program Jaksa Menjawab. Program ini sudah berlangsung di Car Free Day di Sarinah.

"Secara bertahap dilaksanakan oleh jajaran kejaksaan di seluruh Indonesia. Guna memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan masyarakat secara langsung," kata Burhanuddin.

Di sisi lain, Burhanuddin mengamini terdapat sejumlah kendala dalam melaksanakan program-program tersebut. Antara lain, kurangnya jaminan keselamatan personel di daerah rawan yang sering berkembang kelompok radikal.

"Kurangnya anggaran untuk mencapai target kinerja dan pelaksanaan kegiatan, kurangnya sarana dan prasarana teknologi dari bank data intelijen. Terbatasnya sumber daya manusia yang berkompeten," kata Burhanuddin.sinpo

Komentar: