Pemimpin Negara Timur Tengah Hadiri Pembukaan Piala Dunia Qatar 2022

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 20 November 2022 | 17:44 WIB
Al Bayt Stadium/Goal.com
Al Bayt Stadium/Goal.com

SinPo.id -  Penguasa de facto Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, telah tiba di Doha untuk menghadiri upacara pembukaan Piala Dunia Qatar 2022 yang diselenggarakan hari ini.

Dilansir dari Reuters, kedatangan sejumlah pemimpin negara Timur Tengah tersebut dianggap sebagai bentuk solidaritas setelah terjadinya perselisihan regional selama tiga tahun.

Pasalnya, Arab Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir sebelumnya pernah memutuskan hubungan dengan Qatar dan memboikot Doha dari tahun 2017 hingga Januari 2021, dengan tuduhan bahwa Doha mendukung terorisme. Namun Doha membantah tuduhan tersebut.

Riyadh dan Kairo sejak itu juga memimpin upaya untuk memperbaiki hubungan dengan Qatar dan menunjuk duta besar untuk Qatar, sementara Abu Dhabi dan Manama belum melakukannya.

Bahkan semua negara Timur Tengah, kecuali Bahrain telah memulihkan hubungan perjalanan dan perdagangan.

Seperti diketahui, Piala Dunia digelar di Timur Tengah untuk pertama kalinya, dan Doha berharap acara tersebut akan membawa berbagai manfaat ekonomi yang ingin dibagikan dengan tetangga Teluk.sinpo

Komentar: