Cendekiawan Perempuan Papua Berharap Aimas Jadi Ibukota Papua Barat Daya

Laporan: Bayu Primanda
Sabtu, 19 November 2022 | 20:29 WIB
Para cendekiawan Papua/dok: Perempuan Cendekiawan Papua
Para cendekiawan Papua/dok: Perempuan Cendekiawan Papua

SinPo.id -  Ketua Cendekiawan Perempuan Papua, Rosaline Rumaseuw mengucapkan selamat atas terbentuknya Provinsi ke 38 Papua Barat Daya dalam acara Penandatanganan Komitmen Bersama Pemda Kabupaten Sorong dengan Cendekiawan Perempuan Papua dalam kegiatan Indonesia Expo Tanah Papua.

"Kami atas nama Cendekiawan Perempuan Papua mendukung dan berharap Ibukota Papua Barat Daya berlokasi di Aimas, Kabupaten Sorong, kenapa? karena merupakan kota induk dan memiliki posisi yang strategis dan aksesnya akan lebih dekat baik yang dari Kabupaten Tambrauw, Maybrat, Kota Sorong, dan Kabupaten Sorong Selatan,” jelas Rosaline Rumaseuw kepada sejumlah wartawan di Aimas Hotel, Sabtu, 19 November 2022.

Menunggu keputusan pemerintah tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, kami sendiri selaku Cendekiawan Perempuan Papua mendukung dan berharap ibu kota nantinya terletak di Kabupten sorong yaitu di Aimas.

“Lebih lanjut perempuan kelahiran Biak menjelaskan, sekarang hingga saat ini belum ada keputusan yang pasti dari Pemerintah Pusat, kita berdoa dan berharap sambil menunggu saja mana yang menjadi keputusan, tapi saya akan terus fight untuk Aimas menjadi Ibukota PBD” terang Ketua Umum CPP

Perlu diketahui, salah satu pertimbangan adalah Kabupaten Sorong merupakan kota tertua yang melahirkan kabupaten-kabupaten di Sorong Raya.

“Selain itu juga Pemerintah Kabupaten Sorong telah menyiapkan lahan kurang lebih 500 hektar untuk kepentingan pembangunan infrastruktur untuk fasilitas yang menunjang Papua Barat Daya,” Ujarnya.

Kabupaten Sorong juga memiliki dukungan yang cukup kuat mulai dari tokoh masyarakat, adat, agama maupun tokoh perempuan mereka sangat mendukung.sinpo

Komentar: