Dewan Pers SinPo

Presidensi G20 Hasilkan Kesepakatan Bantu Pembiayaan Negara Rentan

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 17 November 2022 | 17:16 WIB
Menkeu Sri Mulyani/dok: Bank Indonesia
Menkeu Sri Mulyani/dok: Bank Indonesia

SinPo.id -  Presidensi G20 yang berperan menentukan arah kebijakan ekonomi dunia, akhirnya menghasilkan kesepakatan untuk membantu ketersediaan pembiayaan bagi negara-negara rentan dan miskin.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bantuan tersebut melalui pembentukan Resilience and Sustainability Trust (RST) oleh International Monetary Fund (IMF).

"Dalam hal ini IMF menawarkan sebuah mekanisme kepada anggota IMF untuk bisa meminjamkan Special Drawing Right (SDR) miliknya untuk dipakai oleh negara lain yang sedang mengalami krisis," kata Menkeu, dikutip Kamis 17 November 2022.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa negara yang berperan untuk meminjamkan SDR mereka yaitu negara yang yakin tidak akan menggunakannya dalam waktu dekat.

“Nah USD 81,6 miliar ini berasal dari anggota-anggota IMF yang terutama SDR-nya itu yang ekuivalen dengan pangsa atau share dari kepemilikannya di IMF itu dipinjamkan untuk bisa menalangi kebutuhan negara-negara miskin,” paparnya.

Oleh karena itu, bagi negara-negara yang merasa yakin bahwa mereka tidak akan menggunakan SDR-nya dalam waktu dekat, dapat meminjamkannya ke negara lain agar bisa digunakan oleh negara lain.sinpo

Komentar: