Suap Hakim Agung, DPR Mendorong MA Segera Perbaikan Menyeluruh

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 15 November 2022 | 12:06 WIB
Wakil ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, (SInPo.id/Dok)
Wakil ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, (SInPo.id/Dok)

SinPo.id -  Dewan perwakilan rakyat di Senayan mendorong agar Mahkamah Agung (MA) segera perbaikan secara menyeluruh. Dorongan itu terkait kasus dua hakim agung MA menjadi tersangka dugaan suap.

"Kalau kemudian satu dua orang masih ada yang tidak sesuai harapan ya kita sama-sama mendorong MA untuk perbaiki internal di dalamnya," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 15 November 2022.

Dasco mengatakan DPR tak bisa berbuat banyak, apalagi memberikan sanksi terkait kasus suap itu. Hal paling maksimal yang bisa dilakukan legislatif adalah mencabut rekomendasi fit and proper test kedua hakim agung yang terlibat praktik rasuah tersebut.

"Saya pikir tugas DPR sudah jelas, termasuk bidang pengawasan. Dan di dalam bidang pengawasan itu juga termasuk pengawasan menyeluruh," kata Dasco menambahkan.

Meski Dasco menilai penangkapan dua hakim agung itu tidak membuat semua pihak memandang buruk MA sebagai lembaga. Masyarakat harus tetap percaya dan memberi rasa hormat yang tinggi terhadap MA.

"Jangan underestimate kepada MA yang juga pada saat ini serius memperbaiki kinerjanya,” katanya.

Sebelumnya, KPK menetapkan tersangka dua hakim agung Mahkamah Agung (MA) Sudrajad Dimyati dan Gazalba Saleh yang diduga terlibat suap penanganan perkara di Mahkamah Agung.sinpo

Komentar: