Pak Bowo: Topik Utama KTT G20 Seharusnya Tentang Ketahanan Pangan

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 13 November 2022 | 13:18 WIB
Prabowo Subianto/Dok: Atlantic Council
Prabowo Subianto/Dok: Atlantic Council

SinPo.id -  Dalam pidato pembuka Atlantic Council Global Food Security Forum hari kedua, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, menegaskan bahwa isu ketahanan pangan, seharusnya menjadi topik utama dalam KTT G20.

Terlebih saat ini, dunia dihantui oleh ancaman krisis pangan, yang salah satunya disebabkan oleh perang geopolitik antara Rusia dengan Ukraina.

"Energi, makanan, dan air sebenarnya adalah satu siklus yang kita butuhkan, yang esensi kehidupan. Bahkan sebelumnya saya pernah menekankan pentingnya energi siklus ini," kata Prabowo dalam pidatonya, Minggu 13 November 2022.

Selain itu, menurutnya, krisis pangan di suatu negara juga terjadi karena adanya ledakan populasi, yang juga dianggap sebagai isu penting, meski merupakan isu yang sangat sensitif di kalangan politisi.

"Saya mengerti mungkin beberapa orang tidak dapat menerima fakta bahwa kita menghadapi ledakan atau pertambahan penduduk setiap tahunnya, namun itulah yang dihadapi," paparnya.

Oleh karena itu, kata Prabowo, tantangan yang harus dihadapi pemerintah ke depannya, khususnya oleh pemimpin berikutnya tidaklah mudah, tetapi tantangan tersebut bukan sesuaty yang harus ditakuti.
sinpo

Komentar: