DPR Pertanyakan Penundaan Penggunaan Bandara Kertajati untuk Pemberangkatan Umrah

Laporan: Sinpo
Sabtu, 12 November 2022 | 22:38 WIB
Bandara Kertajati/ Reuters
Bandara Kertajati/ Reuters

SinPo.id - Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq menyayangkan penundaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati untuk keberangkatan jemaah umrah menuju Arab Saudi. Padahal rencananya, bandara yang berlokasi di Majalengka, Jawa Barat itu bakal memulai penerbangan untuk umrah tersebut mulai 7 November kemarin.

Namun, hal itu urung dilakukan karena terbentur bermacam kendala teknis. Maman menilai padahal bandara berkapasitas 29 juta penumpang per tahunnya ini mampu memiliki infrastruktur yang cukup untuk melayani penerbangan komersil.

"Sudah lama kita menunggu-nunggu BIJB dapat dioperasionalkan untuk penerbangan umrah. Sayangnya ini terus ditunda-tunda. Sampai kapan masyarakat harus menunggu?" kata Maman seperti dilansir dari website Parlementaria, Sabtu 12 November 2022.

Politisi PKB ini meminta para stakeholder terkait untuk serius mengurai situasi pelik yang mendera bandara terbesar kedua di Indonesia itu. Apalagi Bandara yang diresmikan bulan Mei tahun 2018 lalu ini punya landasan pacu yang cukup untuk melayani pesawat berukuran jumbo.

Maman berharap BIJB Kertajati segera bisa melayani penerbangan umrah. Agar masyarakat di sekitar wilayah Jawa Barat, semakin mudah mendapat akses penerbangan untuk ibadah umrah bahkan juga penerbangan haji.

"Kita sebagai warga Jawa Barat tentunya sangat berharap Bandara Kertajati segera dapat melayani penerbangan umrah. Hal ini pun diharap dapat menstimulasi masyarakat untuk berangkat umrah," ucap politisi asal Majalengka ini.

Seperti diketahui, saat ini BIBJ Kertajati hanya melayani penerbangan kargo saja. Akses yang terbatas juga menjadi salah satu faktor penyebab bandara ini menutup penerbangan penumpang lantaran sepi peminat. 

"Penerbangan umrah ini bila segera terealisasi akan menggairahkan kembali aktivitas penerbangan di BIJB. Apalagi, nantinya juga ketambahan dengan selesainya pembangunan Tol Cisumdawu yang memangkas jarak jalan dari Bandung ke Kertajati hingga setengahnya," tandasnya.sinpo

Komentar: