Covid-19 Kembali Naik, Kemenkes Rencanakan Aktifkan Kembali Wisma Atlet

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 11 November 2022 | 13:15 WIB
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)
Ilustrasi (SinPo.id/Pixabay.com)

SinPo.id -  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berencana akan mengaktifkan kembali rumah susun Wisma Atlet Kemayoran sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19. Rencana itu sebagai langkah antisipasi jika lonjakan kasus Covid-19 kembali terjadi.

"Isolasi terpusat kalau ternyata terjadi lonjakan kasus, saat ini Kemenkes sedang berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk kepada Satgas Covid-19 dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk mengaktifkan kembali layanan isolasi terpusat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet," kata Juru Bicara Kemenkes Mohamad Syahril Jum’at, 11 November 2022.

Syahril juga mengingatkan pasien yang telah terkonfirmasi Covid-19 memanfaatkan layanan Telemedicine yang telah disediakan secara gratis. Selain layanan konsultan, Telemedicine juga menyediakan obat gratis.

Bahkan, kini ada perluasan layanan terkait pengiriman obat. “Semuanya gratis, kecuali layanan pengiriman yang ditanggung pasien,” kata Syahril menambahkan.

Ia memastikan masyarakat tidak perlu menunggu obat dikirim ke rumah. Namun, diberikan pilihan untuk dapat mengambil langsung ke Apotek Kimia Farma yang telah ditentukan, baik melalui layanan ojek online maupun diambil langsung.

Kemenkes juga mengingatkan kesadaran masyarakat jika mengalami gejala Covid-19 agar segera tes agar mendapat penanganan sehingga kemungkinan sembuh semakin tinggi.

"Sehingga kesadaran akan tes menjadi kunci ya. Ketahanan terhadap varian baru ini. Jika masyarakat merasa adanya tanda-tanda Covid, segera lakukan testing," kata Syahril menegaskan.

 sinpo

Komentar: