Hari Wayang, Pak Bowo Sapa Dalang Seluruh Indonesia

Laporan: Bayu Primanda
Selasa, 08 November 2022 | 09:51 WIB
Prabowo saat menyapa para dalang lewat media zoom/Istimewa
Prabowo saat menyapa para dalang lewat media zoom/Istimewa

SinPo.id -  Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyapa para dalang seluruh Indonesia dalam peringatan Hari Wayang Nasional (HWN) ke-4 yang digelar Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) secara daring, Senin, 7 November 2022.

Prabowo menegaskan bahwa wayang sebagai warisan leluhur merupakan bagian penting dari budaya nusantara yang perlu terus dijaga dan dilestarikan. Sebab budaya adalah kekuatan dari sebuah bangsa.

“Wayang bagian yang penting dari budaya kita, budaya Nusantara dan kita paham benar peran dari pewayangan itu di tengah-tengah masyarakat kita," kata Prabowo.

Prabowo melanjutkan melalui pelestarian budaya, nilai-nilai falsafah melekat pada budaya tersebut juga diteruskan.
"Nilai-nilai kebenaran, nilai-nilai kebajikan, nilai-nilai kearifan," ujarnya.

Para dalang sendiri, menurut Prabowo adalah pejuang budaya yang menjaga kekuatan dari sebuah negara lewat pelestarian budaya.

“Tanpa budaya suatu negara tidak bisa kuat, dan tidak bisa langgeng. Tanpa rakyat yang bangga dengan budayanya sendiri tidak mungkin rakyat itu akan kuat menghadapi tantangan-tantangan zaman," katanya.

Prabowo pun mengatakan para dalang patut berbanbva dengan kemampuan mereka untuk meneruskan nilai-nilai tersebut.

“Anda harus bangga bahwa anda memiliki kemampuan untuk meneruskan nilai-nilai ini. Dan kita semua wajib untuk mendukung dan membina warisan budaya nenek moyang kita ini," ujarnya.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung budaya pewayangan ini, yang telah diakui oleh UNESCO sebagai kekayaan dunia asal Indonesia.

"Semoga pewayangan ini bisa diwariskan terus, dilestarikan terus, dan dipopulerkan terus. Terutama di anak muda kita." kata dia.sinpo

Komentar: