DKI Catat 142 Kasus Ginjal Akut Misterius, 72 Orang Meninggal Dunia

Laporan: Zikri Maulana
Senin, 31 Oktober 2022 | 13:31 WIB
Ilustrasi gangguan ginjal pada anak/ halodoc
Ilustrasi gangguan ginjal pada anak/ halodoc

SinPo.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta melaporkan berdasarkan data dari Januari hingga 30 Oktober 2022, tercatat sebanyak 142 orang terpapar gagal ginjal akut misterius di DKI. 

"Data dari Januari sampai dengan kemarin total 142 kasus terlaporkan," kata Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti di Balai Kota Jakarta, Senin 31 Oktober 2022. 

Widyastuti menyampaikan, peningkatan yang sangat signifikan terjadi dalam tiga bulan terakhir yakni, Agustus September, dan Oktober. 

Sementara itu, dari total 142 kasus 72 orang diantaranya dinyatakan meninggal dunia, sedangkan 22 lainnya dalam perawatan dan 50 orang dinyatakan telah sembuh. 

"72 kasus wafat, sembuh 50 dan dalam perawatan 22. Tidak semuanya tinggal di DKI," kata Widyastuti. 

Selain itu, Widyastuti mengatakan, sebaran kasus tersebut terdapat di seluruh kota administasi DKI Jakarta, kecuali di Kabupaten Kepulauan Seribu. Sedangkan, kasus terbanyak berdasarkan domisili yakni di Jakarta Timur, dengan 34 kasus ditemukan. 

"Kasus terbanyak saat ini kalau domisili ada di Jakarta Timur terdapat 34 kasus," tuturnya. 

Lebih lanjut, Widyastuti menjelaskan, data tersebut berbeda dengan data kasus peningkatan Covid-19. Artinya, data tersebut berdasarkan hasil pencarian ke belakang sejak Januari. 

"Jadi kalau ada penambahan kita akan lihat penambahan itu di (terjadi) kapan. Sekali lagi harus dibedakan hospital record review ini bukan kayak data Covid, yang positif terus datanya jadi baru. Itu bukan," kata Widyastuti. sinpo

Komentar: