Dinkes DKI Terima 204 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Untuk Didistribusikan

Laporan: Zikri Maulana
Jumat, 28 Oktober 2022 | 16:50 WIB
Vaksin/pixabay
Vaksin/pixabay

SinPo.id -  Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta sudah mendapat suplai vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Vaksin yang diterima yakni, jenis pfizer sebanyak 34.124 vial.

"Alhamdulillah semalam sudah mendapatkan kiriman vaksin pfizer sebanyak 34.125 vial (cairan)," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta, Widyastuti kepada wartawan, Jumat 28 Oktober 2022.

Widyastuti menyebut, jumlah tersebut setara dengan 204 ribu dosis, yang akan segera disalurkan kesuluruh fasilitas kesehatan (Faskes) di DKI Jakarta.

"Ini setara dengan 204 ribu dosis. Ya jadi InsyaAllah hari ini sudah kita segera distribusikan kesemua Faskes, Puskesmas yang ada di DKI Jakarta," katanya.

Lebih lanjut, Widyastuti juga menyampaikan vaksin yang diberikan Kemenkes tersebut dapat digunakan untuk vaksin dosis kedua maupun dosis ketiga atau booster.

"Sebenarnya untuk apapun ya booster maupun apabila kan kadang-kadang masih ada warga karena faktor-faktor tertentu penyakit atau kendala lain belum sempat itu sih boleh silakan. Jadi bisa untuk dosis 2 maupun booster," kata Widyastuti menjelaskan.

Sebelumnya, Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta, Ngabila Salama menyampaikan, ketersediaan vaksin Covid-19 hanya berjumlah ratusan dosis yang tersebar di sejumlah wilayah di Jakarta.

Hal ini membuat Dinkes DKI mengurangi layanan sentra vaksin. Berdasarkan data Selasa 25 Oktober 2022, hanya lima sentra yang dibuka di Jakarta.sinpo

Komentar: