Donald Trump Akui Surat untuk Kim Jong Un Bersifat Rahasia

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 20 Oktober 2022 | 10:26 WIB
Kedekatan Donald Trump dan Kim Jong Un/Reuters
Kedekatan Donald Trump dan Kim Jong Un/Reuters

SinPo.id -  Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengakui surat yang dia tulis kepada Kim Jong Un bersifat rahasia.

Pengakuan tersebut terekam dalam rekaman wawancaranya dengan jurnalis Bob Woodward pada tahun 2019, yang diperoleh CNN dan Washington Post, pada hari Selasa.

“Tidak ada orang lain yang memilikinya, tetapi saya ingin Anda memperlakukan mereka (seperti surat-surat rahasia) dengan hormat, dan jangan katakan saya memberikannya kepada Anda, oke?" Kata Trump dalam rekaman sambil menunjukkan surat-surat itu kepada Woodward.

Kemudian pada awal tahun 2020 melalui rekaman panggilan telepon, Woodward meminta untuk melihat apa yang telah ditulis Trump kepada pemimpin Korea Utara tersebut, namun Trump tidak memberitahunya, dan mengatakan surat itu bersifat sangat rahasia.

Komentar tersebut bertentangan dengan klaim Trump bahwa dia tidak sama sekali membawa rahasia pemerintah saat meninggalkan Gedung Putih pada Januari 2021.

Dilansir dari The Guardian, kumpulan rekaman "Dua Puluh Wawancara Bob Woodward Dengan Presiden Trump", juga menjadi pertanyaan tentang kredibilitas pembelaannya terhadap tuduhan bahwa dia secara ilegal menyimpan rahasia pemerintah di Mar-a-Lago, sebuah resor yang ada di kawasan Flordia, AS.

Berdasarkan transkrip dari audio, Trump menulis surat kepada Kim Jong Un yang menunjukkan kekagumannya terhadap pemimpin salah satu rezim paling represif di dunia.

Kemudian kedua pemimpin negara tersebut juga saling bertukar ucapan selamat ulang tahun dan memberikan harapan, serta doa terbaik untuk teman dan keluarga.

Dalam rekaman, Woodward juga menggambarkan cara santai Trump yang berbahaya dalam memperlakukan program dan informasi yang paling rahasia.

"Seperti yang telah kita lihat sekarang pada tahun 2022 di Mar-a-Lago, di mana ia (Trump) memiliki 184 dokumen rahasia, termasuk 25 yang ditandai 'sangat rahasia',” terangnya.

Bahkan Trump pernah berbicara secara khusus, mengenai Vladimir Putin dan presiden China Xi Jinping, tentang hal-hal yang belum pernah didengar kedua pemimpin negara tersebut.

"Dia membangun sistem senjata yang belum pernah dimiliki siapa pun di negara ini sebelumnya," jelas Woodward.sinpo

Komentar: