Viral Remaja Selamatkan Al-Qur'an Raksasa Saat Kebakaran Masjid JIC

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 20 Oktober 2022 | 09:46 WIB
Kebakaran kubah di masjid JIC (SinPo.id/Ist)
Kebakaran kubah di masjid JIC (SinPo.id/Ist)

SinPo.id -  Sekelompok remaja bergotong royong menyelamatkan Al-Quran raksasa saat kebakaran di Masjid Jakarta Islamic Center (JIC), Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara pada Rabu 19 Oktober 2022 kemarin. Kejadian yang diposting akun @merekamjakarta, di media sosial itu sempat viral.

"Bisa gak, ayo ayo, Al-Qur'an nih harus kita pindahin" kata salah seorang dalam video tersebut.

Aksi heroik sejumlah remaja yang berusaha memindah Al-Qur'an raksasa tersebut terjadi ketika kobaran api yang masih menyala.  Setelah itu, Al-Quran raksasa tersebut berhasil digotong oleh para remaja keluar dari masjid.

Al-Quran raksasa tersebut merupakan pemberian dari Universitas Sains Alquran Wonosobo sebagai penghargaan atas berdirinya masjid JIC pada 2002. Kitab suci itu berukuran 100 cm x 50 cm dengan berat kurang lebih 100 kilogram dan murni ditulis tangan oleh para santri.

Tercatat Kubah Masjid Islamic Center di Koja, Jakarta Utara kebakar diduga akibat kesalahan saat proses renovasi.

"Awalnya  pekerja sedang melakukan renovasi atap kubah Masjid Islamic Centre. Renovasi menggunakan bahan tripleks," kata Kasat Intelkam Polres Metro Jakarta Utara AKBP Slamet Wibisono dalam keterangannya, Rabu 19 Oktober 2022.

Slamet menjelaskan saat ingin memasang tripleks, para pekerja melelehkan membran atau aspal gulung. Mereka melelehkannya menggunakan alat pembakar.

Percikan api dari alat pembakar kemudian menyambar ke tripleks. Percikan api tersebut kemudian membesar dan menghanguskan kubah.

Para pekerja sebenarnya sempat berupaya memadamkan api dengan menggunakan APAR (alat pemadam api ringan). Namun hal tersebut sia-sia lantaran api keburu membesar.

"Api semakin membesar dan akhirnya kubah Masjid Islamic Centre keseluruhan terbakar," katanya.sinpo

Komentar: