Presiden Ukraina Perintahkan Pasukannya Tangkap Lebih Banyak Tentara Rusia

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 18 Oktober 2022 | 14:01 WIB
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy/Reuters
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy/Reuters

SinPo.id -  Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, terus memerintahkan pasukannya untuk menangkap dan menahan lebih banyak tentara Rusia demi mempermudah pembebasan tentara Ukraina yang ditahan Rusia.

Pernyataan tersebut dilontarkan beberapa jam setelah kedua belah pihak melakukan pertukaran tahanan, dengan total 218 tahanan, termasuk 108 wanita Ukraina.

“Saya berterima kasih kepada semua orang yang terlibat dalam kesuksesan ini," kata Zelenskyy, melalui video pidatonya, dilansir dari The Guardian, Selasa 18 Oktober 2022.

Pihaknya juga berterima kasih kepada semua orang yang turut membantu mendanai pertukaran tahanan serta penangkapan pasukan musuh agar segera dapat membebaskan pasukan dan warga sipil Ukraina dengan jumlah yang lebih banyak.

“Semakin banyak tahanan Rusia yang kita miliki, semakin cepat kita dapat membebaskan pahlawan kita. Setiap tentara Ukraina, setiap komandan garis depan harus mengingat ini," tegasnya.

Sementara itu, kepala staf Zelenskiyy, Andriy Yermak, mengatakan terdapat 12 warga sipil di antara para wanita yang dibebaskan.

Pasalnya, sebanyak 37 wanita telah ditangkap setelah pasukan Rusia mengambil alih Azovstal, pabrik baja raksasa di kota pelabuhan Mariupol pada bulan Mei lalu.

Selain itu, kata Yermak, Kyiv juga telah berhasil membebaskan 80 pelaut sipil dan 30 personel militer.
sinpo

Komentar: