Jokowi: Kepercayaan Masyarakat Ke Polri Runyam Akibat Kasus Sambo

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 15 Oktober 2022 | 16:40 WIB
Presiden Jokowi saat memimpin rapat bersama Polri/Setkab
Presiden Jokowi saat memimpin rapat bersama Polri/Setkab

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada jajaran petinggi Polri, kapolda, hingga kapolres di Istana Kepresidenan pada Jumat 14 Oktober 2022. 

Jokowi mengatakan, kepercayaan masyarakat kepada Polri sempat menduduki peringkat teratas ketika dalam masa penanganan Covid-19. 

"Itu dilihat masyarakat dan itu juga saya lihat dan saya rasakan kerja keras itu dan hasilnya juga sangat signifikan sampai hari ini yang mendorong paling kuat memang ada dari POLRI. Dan hasilnya indeks kepercayaan masyarakat juga menempatkan Polri di puncak teratas pada saat itu," kata Jokowi seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu 15 Oktober 2022. 

Namun, kata Jokowi setelah adanya kasus Ferdy Sambo, indeks kepercayaan kepada Polri turun secara drastis, bahkan di posisi terendah. 

"Tetapi begitu ada peristiwa FS runyam semuanya dan jatuh ke angka yang paling rendah," ujarnya. 

Jokowi mengatakan, Polri memiliki tingkat kepercayaan tertinggi dibandingkan institusi-institusi penegak hukum yang lain. Dan itu yang menjadi arahan Presiden agar Polri dapat mengembalikan tingkat kepercayaan tersebut.  

"Ini yang harus dikembalikan lagi dengan kerja keras saudara-saudara sekalian. Di November itu masih 80,2 sangat tinggi sekali, bukan tinggi sangat tinggi sekali, sekarang kemarin Agustus berada di 54 jatuh," tutur Jokowi. 

"Itulah pekerjaan berat yang sudah saudara harus kerjakan untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada Polri," tambahnya. 
sinpo

Komentar: