Beri Peringatan ke Musuh, Kim Jong Un Awasi Peluncuran Dua Rudal Jarak Jauh

Laporan: Sinpo
Kamis, 13 Oktober 2022 | 08:40 WIB
Pemipin Korut, Kim Jong Un/ Istimewa
Pemipin Korut, Kim Jong Un/ Istimewa

SinPo.id - Korea Utara kembali membuat heboh usai uji coba peluncuran dua rudal jarak jauh. Peluncuran yang dilakukan pada Rabu 12  Oktober itu diawasi langsung oleh pemimpin Korut, Kim Jong Un.

Dilansir KCNA, Kim menyebut peluncuran rudal untuk memastikan operasi senjata nuklir Korut tak bermasalah. Peluncuran rudal juga disebut Kim sebagai peringatan kepada negara yang dianggap musuh oleh Korut.

“Memang kita harus terus memperluas lingkup operasional angkatan bersenjata strategis nuklir untuk secara tegas mencegah krisis militer penting dan krisis perang setiap saat," kata Kim Jong Un.

Sebelumnya, Kim Jong Un dilaporkan tengah memandu latihan militer yang melibatkan oleh unit operasi taktis nuklir. Langkah yang diambil Kim merupakan tanggapan Korut atas latihan militer gabungan Korea Selatan dan AS, baru-baru ini. 

“Keefektifan dan kemampuan tempur praktis dari kekuatan tempur nuklir kami sepenuhnya ditunjukkan, karena siap sepenuhnya untuk menyerang dan menghancurkan target kapan saja dari lokasi mana pun,” kata Kim seperti dikutip kantor berita KCNA, Senin 10 Oktober 2022.

Kim menegaskan, tak ada ruang untuk dialog dan negosiasi dengan Korsel maupun Negeri Paman Sam. Seperti diketahui, Angkatan Laut Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat juga melakukan latihan bersama sebelumnya.

“Kami tidak memiliki apa pun untuk dibicarakan dan kami tidak merasa perlu melakukannya,” tegasnya.

Selama dua pekan terakhir, Korea Utara menggelar sejumlah latihan peluncuran rudal balistik dengan hulu ledak nuklir tiruan. KCNA melaporkan, uji coba senjata itu sekaligus sebagai pesan yang kuat pencegahan perang kepada pihak musuh.

“Latihan rudal tersebut dilakukan untuk menyasar lapangan udara musuh dan pelabuhan utama,” tuturnya.sinpo

Komentar: