Inovasi QRIS Ciptakan Gelombang Digitalisasi di Tengah Masyarakat

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 27 September 2022 | 08:57 WIB
Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Foto: bi.go.id
Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Foto: bi.go.id

SinPo.id - Inovasi pembayaran digital melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) telah menciptakan gelombang digitalisasi kehidupan yang secara drastis mengubah perilaku masyarakat.

Anggota Komisi XI DPR RI, Achmad Hafisz Tohir, mengatakan, sistem pembayaran terus berevolusi dengan tiga unsur penggerak, yaitu inovasi teknologi dan model bisnis, tradisi masyarakat, dan kebijakan otoritas pemerintah.

"Sehingga, kehadiran uang elektronik berbasis chip maupun server based mengubah pola pembayaran yang menuntut serba mobile, cepat serta aman," kata Achmad, melalui keterangan tertulisnya, dikutip Selasa 27 September 2022.

Selain itu, kehadiran QRIS juga diharapkan mampu memajukan perekonomian Indonesia, khususnya pada sektor UMKM yang sejalan dengan visi Sistem Pembayaran Indonesia 2025.

"Nah, Bank Indonesia (BI) melihat hal ini sebagai sebuah manfaat untuk mendorong efisiensi ekonomi, mempercepat inklusivitas keuangan, dan memajukan UMKM," ungkapnya.

Oleh sebab itu, kata Achmad, BI akan terus mengembangkan QRIS agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Bahkan semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) wajib menerapkan QRIS.

 sinpo

Komentar: