Tinjau Proyek Saringan Sampah Ciliwung, Anies: 52 Ton Sampah Lewat Tiap Harinya

Laporan: Zikri Maulana
Senin, 26 September 2022 | 10:45 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi Proyek Saringan Sampah Ciliwung, TB Simatupang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin, 26 September 2022.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengunjungi Proyek Saringan Sampah Ciliwung, TB Simatupang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin, 26 September 2022.

SinPo.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau langsung proyek saringan sampah Sungai Ciliwung segmen TB Simatupang, di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin 26 September 2022. 

"Pagi ini saya melakukan kunjungan kerja menyaksikan dari dekat pembangunan saringan sampah," kata Anies. 
 
Dalam kesempatan itu, Anies bercerita ketika awal bertugas di Jakarta, ia mendapati Kali Ciliwung mengalami peningkatan volume air serta penimbunan sampah yang banyak di pintu air Manggarai. Sampah tersebut kata Anies, berasal dari luar Jakarta. 

"Kemudian pada saat itu saya tanyakan pada tim, ini sampah dari mana? Sampah justru banyak datang dari luar Jakarta ke Sungai Ciliwung," kata Anies. 

Selain itu, Anies mengatakan sebanyak 52 ton sampah lewat di Kali Ciliwung segmen TB Simatupang setiap harinya. Jumlah itu, kata Anies setara dengan satu bus Transjakarta jenis tronton. 

"52 ton perhari setara dengan 1 bus Transjakarta jenis tronton," ujarnya. 

Lebih lanjut, Anies berharap dengan adanya sistem saringan sampah tersebut ini dapat mengendalikan sampah yang masuk ke Jakarta. 

"52 ton per hari kalau ini dibiarkan tiap bulan akan berada di Pintu Air Manggarai dengan jumlah yang fantastis. Karena itu lah disiapkan pengolahannya di sini. Jadi teknologi yang digunakan adalah yang terbaru di mana sampah itu tidak sekadar diangkut tapi diolah dulu di tempat ini," paparnya. 

 sinpo

Komentar: