Dewan Pers SinPo

Isu Rohingya Harus Tetap Jadi Perhatian Dunia Internasional

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 24 September 2022 | 05:10 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (SinPo.id/Humas Setkab)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (SinPo.id/Humas Setkab)

SinPo.id -  Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa krisis Rohingya perlu terus menjadi perhatian publik internasional. Hal tersebut disampaikan Retno di sela-sela Sidang Majelis Umum ke-77 PBB di New York.

“Tugas kita bersama adalah untuk memastikan bahwa dunia internasional tetap memberikan perhatian bagi Rohingya," kata Retno seperti dilansir laman Antara.

Soal Rohingya, Retno menekankan tiga hal utama yang perlu dilakukan masyarakat internasional. Pertama, menciptakan situasi yang kondusif bagi kepulangan masyarakat Rohingya.

"Kedua, memastikan perlindungan keamanan dan keselamatan masyarakat Rohingya di kamp-kamp pengungsian di Cox's Bazar, Bangladesh; serta ketiga, mendorong perdamaian dan rekonsiliasi nasional di Myanmar," terangnya

Kata Retno, peran ASEAN penting untuk mengembalikan perdamaian dan stabilitas keamanan. “Indonesia, dalam hal ini, berkomitmen untuk bekerja sama dengan komunitas internasional dalam mencari solusi yang berkelanjutan untuk penanganan isu Rohingya,” imbuhnya.

Seperti diketahui, lebih dari 700 ribu Muslim Rohingya melarikan diri dari tempat tinggal mereka di Rakhine State, Myanmar, ke Bangladesh karena tindakan keras militer Myanmar. PBB juga menyebut tindakan tersebut sebagai genosida. sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER