Dewan Pers SinPo

Dua Kapal Selam Tanpa Awak Milik China Ditemukan di Laut China Selatan

Laporan: Sinpo
Jumat, 23 September 2022 | 14:32 WIB
Ilustrai kapal selam tanpa awak
Ilustrai kapal selam tanpa awak

SinPo.id - Kapal selam tanpa awak milik China kembali ditemukan di Laut China Selatan. Penemuan ini diperkirakan hanya sebagian kecil dari penyebaran drone yang dilakukan secara besar-besaran oleh Beijing.

Berdasarkan laporan Naval news, citra satelit baru menunjukkan dua kapal selam tanpa awak ekstra besar China (XLUUV) di Pangkalatan Angkatan Laut Sanya di Pulau Hainan.

Dua XLUUV itu sudah ada sepanjang waktu di pangkalan sejak Maret dan April 2021, tetapi baru terlihat sekarang. Dua XLUUV juga terlihat di dekat area penempatan kapal selam China.

Analis pertahanan H.I. Suton, mengungkapkan, XLUUV memiliki panjang sekitar 16 meter dan lebar dua meter. 

Ukurannya yang lebih besar dapat menghasilkan daya tahan laut yang lebih lama, yang memungkinkannya digunakan untuk operasi ofensif seperti penempatan ranjau, perang anti-kapal selam, dan operasi khusus.

Asia Times mencatat, Laut China Selatan merupakan lingkungan operasi yang ideal untuk XLUUV, karena fitur bawah lautnya yang tidak terpetakan dan dangkalnya membuat navigasi berbahaya bagi kombatan angkatan laut berawak.

Laporan dari US Congressional Research Service (CRS) pada Agustus menyebut terdapat potensi salah perhitungan dan eskalasi dengan kapal tak berawak.

Tanpa bimbingan manusia dari sistem tak berawak, risiko eskalasi meningkat, dengan insiden tanpa kehadiran manusia langsung atau kerugian yang berpotensi memicu konflik yang lebih luas di laut dan sekitarnya.
 

 sinpo

Komentar: