Anies Kenang Azyumardi Azra Sebagai Sosok yang Konsisten Merawat Demokrasi

Laporan: Zikri Maulana
Selasa, 20 September 2022 | 15:16 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (SinPo.id/Instagram)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id -  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengenang almarhum Ketua Dewan Pers yang juga Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Azyumardi Azra sebagai sosok yang konsisten merawat demokrasi di Indonesia. 

"Almarhum adalah pribadi yang terus menerus konsisten dalam menjaga agar Indonesia tetap negeri yang maju dalam demokrasi yang terkonsolidasi," kata Anies di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa 20 September 2022. 

Anies juga mengenang almarhum sebagai pribadi yang sederhana dalam kesehariannya. Namun dibalik memiliki wawasan dan pemikiran yang luas dan mendalam. 

"Salah satu yang kita semua ingat kalau beliau pergi ke mana-mana tasnya paling kecil. Bawaanya paling sedikit tapi ilmunya paling banyak," ujar Anies. 

Lebih lanjut, Anies juga mengaku memiliki banyak kenangan bersama almarhum Prof. Azra semasa hidupnya. 

"Banyak sekali, saya berkegiatan dengan beliau, di kampus, ketika beliau menjadi penasihat Wapres, banyak kegiatan bersama, beliau itu sangat simpel," tutur Anies. 

Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra di salatkan di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pagi ini, Selasa 20 September 2022.

Selanjutnya, Jenazah Azyumardi Azra dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. 

Seperti diketahui, Azyumardi Azra mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat.

Mantan Rektor UIN Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat 16 September 2022 akibat gangguan kesehatan yang dialami saat melakukan kunjungan ke Malaysia.sinpo

Komentar: