Jasad Azyumardi Azra Dipulangkan ke Indonesia, 120 Personel Gabungan Diturunkan

Oleh: Ardi
Selasa, 20 September 2022 | 00:05 WIB
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra (SinPo.id/Dok)
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra (SinPo.id/Dok)

SinPo.id -  Jasad Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra dipulangkan ke tanah air dari Kuala Lumpur melalui Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) Malaysia menuju ke DKI Jakarta pada Senin 19 September 2022 pukul 20.45 waktu setempat. 120 personel kepolisian dikerahkan untuk mengamankan proses kedatangan di Terminal Kargo Jenazah, Bandara Soekarno Hatta.

“120 personel baik berseragam maupun tidak berseragam,” ujar Kasat Lantas Bandara Soekarno-Hatta, Kompol Bambang Askar Sodiq dalam keterangannya pada Senin 19 September 2022. 

Untuk mengamankan kedatangan jasad Azyumardi, aparat kepolisian bekerja sama dengan Jajaran TNI, serta unsur pengamanan internal di Soetta, seperti AVSEC dan Security Outsourching di areal Kargo. Menurut dia, penanganan jenazah almarhum akan sama seperti penanganan kedatangan jenazah lain, yang akan langsung dibawa ke rumah duka.

“Alurnya hampir sama dengan saat kedatangan jenazah Almarhum Eril Mumtaz. Di mana, saat tiba langsung didata dan segera kembali diantar ke rumah duka,” tuturnya.

Untuk proses pemulangan jenazah ke rumah duka tidak mengganggu lalu lintas penerbangan reguler lainnya. Aparat kepolisian sudah menyiapkan alur dan cara bertindak untuk mencegah agar tidak mengganggu penerbangan reguler. 

"Dan untuk tamu atau siapa yang hadir pada saat kedatangan jenazah pun kami masih tunggu datanya,” ujarnya. 

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono turut mendampingi istri dan anak almarhum Profesor Azyumardi Azra kembali ke Tanah Air. Setiba di Bandara Sokearno-Hatta  dijadwalkan langsung melakukan serah terima jenazah Azyumardi Azrakepada Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri.

Rencananya, jenazah akan disalatkan di Masjid Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah di Ciputat, Tangerang Selatan, sebelum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, pada Selasa 20 September 2022.

Untuk diketahui, Azyumardi Azra wafat di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu 18 September 2022 sekira pukul 12.30 waktu setempat. Selama menjalani perawatan, KBRI telah melakukan pendampingan kepada almarhum serta memfasilitasi kedatangan dan kunjungan keluarga almarhum hingga proses kepulangan jenazah ke Indonesia.sinpo

Komentar: