Dewan Pers SinPo

Rusia dan China Pastikan Tidak Memiliki Niatan untuk Kuasai Dunia

Laporan: Tri Bowo Santoso
Senin, 19 September 2022 | 13:54 WIB
Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov. Foto: Istimewa
Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov. Foto: Istimewa

SinPo.id - Rusia dan sekutunya, China memastikan tidak memiliki niatan untuk menguasai dunia.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov berbicara kepada saluran Rossiya 1 Rusia pada Minggu, 18 September 2022, mengatakan, Rusia dan China memiliki kecenderungan yang sebaliknya.

Peskov menegaskan, Moskow maupun Beijing tidak berusaha untuk menguasai dunia, tidak seperti beberapa negara lain.

"Dalam melaksanakan hubungan bilateral mereka, Rusia dan China tidak mengklaim menguasai seluruh dunia. Namun, kita tahu bahwa beberapa negara lain memiliki kecenderungan ini,” ujar Peskov dilansir RT.

Moskow dan Beijing, katanya, memiliki kesamaan dalam pandangan mereka mengenai segala macam tindakan provokatif AS. Keduanya menganggap perilaku destabilisasi Washington tidak dapat diterima.

Pernyataan itu muncul tak lama setelah Putin bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Samarkand Uzbekistan sebagai bagian dari KTT Organisasi Kerjasama Shanghai pekan lalu.

Kepala negara Rusia saat itu mengatakan Moskow sangat menghargai posisi seimbang China dalam krisis Ukraina, sembari menambahkan bahwa Kremlin memahami kekhawatiran China.

Presiden Xi pun  mengucapkan terima kasih kepada Moskow atas sikapnya terhadap masalah Taiwan – sebuah referensi yang jelas atas kecaman Rusia atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau itu bulan lalu.

Tidak seperti kebanyakan negara Barat, China justru tidak memberlakukan sanksi terhadap Rusia sebagai tanggapan atas operasi militernya di Ukraina, dan tetap menjaga hubungan baik dengan Kremlin. 
 

 sinpo

Komentar: