Azyumardi Azra Akan Dimakamkan di TMP Kalibata

Oleh: Ardi
Senin, 19 September 2022 | 04:50 WIB
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra (SinPo.id/Dok)
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra (SinPo.id/Dok)

SinPo.id -  Azyumardi Azra akan dimakamkan di  Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Azyumardi akan menerima Bintang Mahaputera dari pemerintah Indonesia. 

"Menerima Bintang Mahaputera, jadinya mau disiapkan untuk di Taman Makam Pahlawan," kata Vemi Nurbaini, sekretaris Azyumardi Azra pada Minggu 18 September 2022. 

Vemi Nurbaini mengaku sedang menyiapkan semua berkas untuk keperluan pemakaman Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu. Kini, jenazah Azyumardi masih berada di rumah sakit di Malaysia.

"Saat ini bapak belum bisa pulang kembali ke Tanah Air, terakhir 'update'-nya memang masih di rumah sakit dan masih bersama Pak Dubes Hermono (Dubes RI untuk Malaysia)," ujarnya.

Sampai saat ini, dia belum mendapat informasi lebih lanjut soal waktu pasti jenazah Azyumardi tiba di Tanah Air.
Sementara itu, Armia Putriana, keponakan Azyumardi, menyatakan menerima informasi Rektor UIN Syarif Hidayatullah sedang mengusahakan agar jenazah Azyumardi dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.

"Rektor UIN mengusahakan untuk di pemakaman pahlawan, tetapi mau di mana pun kami berharap bapak bisa pulang, kondisi tadi terakhir kami 'video call' bapak sudah dikafani, sebelum ditutup wajahnya bahagia ceria 'happy'," tambahnya.

Untuk diketahui, Azyumardi Azra mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat. Mantan Rektor UIN Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat 16 September 2022 akibat gangguan kesehatan yang dialami saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.sinpo

Komentar: