Dewinta Klaim Tak Sulit untuk Bongkar Figur Bjorka

Laporan: Sinpo
Sabtu, 17 September 2022 | 23:15 WIB
Analis politik, hukum dan keamanan, Dewinta Pringgodani
Analis politik, hukum dan keamanan, Dewinta Pringgodani

SinPo.id - Analis politik, hukum dan keamanan, Dewinta Pringgodani, mengklaim sudah mengantongi identitas asli hacker Bjorka. Peretas itu merupakan warga negara Indonesia yang berdomisili di sebuah permukiman di Jakarta.

"Pemilik akun Bjorka pakai handphone Android dan bukan orang Israel seperti dugaan sejumlah orang," ungkap Dewinta, dikutip rmol, Sabtu, 17 September 2022.

Dewinta mengatakan, melalui akun Twitter Dewi Berbie, dirinya sudah membongkar siapa sebenarnya siapa Bjorka sesungguhnya.

"Untuk mengungkap siapa Bjorka sebenarnya mudah," pungkas Dewinta.

Komentar Dewinta, merespon penangkapan seorang pemuda berinisial MAH penjual es asal di Madiun, Jawa Timur. Belakangan, MAH ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus hacker Bjorka.

Bukan sosok asli sang Bjorka, dia jadi tersangka karena diduga terlibat kasus penyebaran data pribadi yang diretas oleh Bjorka.

Tim khusus menetapkan MAH sebagai tersangka atas perannya yang membantu Bjorka untuk mengunggah dan menyebarkan informasi di kanal Telegram bernama Bjorkanism.

"Adapun motifnya, motif tersangka membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang,” kata Jurubicara Divhumas Polri, Kombes Ade Yaya Suryana kepada wartawan, Jumat, 16 September 2022.

Namun, Ade enggan menjelaskan informasi terkait peranan dan hubungan MAH dengan Bjorka dalam kasus tersebut.

Ade menyebut saat ini timsus masih mendalami lanjut terkait hubungan MAH dengan hacker Bjorka itu.
 

 sinpo

Komentar: