Dewan Pers SinPo

Pengamat: Jadi Cawapres Pak Bowo Pilihan Rasional Bagi Jokowi

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 16 September 2022 | 23:21 WIB
Prabowo-Jokowi/Istimewa
Prabowo-Jokowi/Istimewa

SinPo.id -  Pengamat yang juga Peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menanggapi wacana Joko Widodo menjadi calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Menurutnya, wacana itu pilihan sangat rasional bagi Jokowi dalam hal endorse untuk penggantinya kelak.

"Pilihan memberikan endorse kepada Prabowo Subianto sebagai presiden mendatang merupakan pilihan politik rasional bagi Presiden Joko Widodo," kata Bawono kepada SinPo.id, Jumat, 16 September 2022.

Sosok Pak Bowo yang menurut Bawono layak untuk jadi penerus Jokowi, tak lain karena kedewasaannya dalam berpolitik.

Hal itu terlihat dengan kiprah Prabowo yang bersedia membantu pemerintahan Jokowi sebagai Menteri Pertahanan, meski dalam Pilpres sebelumnya ia menjadi Rival.

"Meski pernah menjadi rival presiden Joko Widodo pada dua pemilihan presiden tapi Prabowo Subianto telah membuktikan kinerja dan kesetiaan terhadap presiden selama menjadi menteri pertahanan di dalam kabinet pemerintahan Joko Widodo - Maruf Amin," kata dia.

Indikator lain yang memberatkan Jokowi merapatkan dukungannya ke Pak Bowo tak lain karena tingkat elektabilitasnya masih tertinggi dalam sejumlah survei.

"Selain itu menurut hasil temuan survei Indikator sepanjang tahun lalu dan awal tahun ini Prabowo Subianto selalu masuk dalam tiga besar bakal calon presiden dengan elektabilitas dua digit tinggi selain juga Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo," ucap dia.

Sebelumnya, Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi memberikan tanggapan soal wacana Jokowi jadi cawapres Pak Bowo.

Menurutnya, wacana itu bisa dimaknai sebagai Prabowo sebagai sosok yang direkomendasikan oleh Jokowi.

"Kami memandang wacana Jokowi sebagai wapres (wakil presiden) Prabowo, itu maknanya Prabowo itu adalah sosok yang di-endorse atau direkomendasikan Pak Jokowi," ujar Budi Arie dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Kamis, 15 September 2022.

"Hubungan Prabowo dan Jokowi sangat baik. Beliau-beliau adalah pemimpin bangsa yang punya komitmen sangat tinggi untuk kemajuan negara dan peningkatan kesejahteraan rakyat," tuturnya.




sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER