Java dan Sumatra

Laporan: Sinpo
Selasa, 06 September 2022 | 14:09 WIB
Koran Sin Po 6 September 1930 (SinPo.id/Monash University)
Koran Sin Po 6 September 1930 (SinPo.id/Monash University)

Koran Sin Po  6 September 1930 melaporkan tulisan tentang peluang investasi di Sumatera dan perbandingan di pulau Jawa  yang semakin sempit.

“Pembatja brangkali ada jang belon taoe, bagimana di Sumatra banjak onderneming-ondememing jang djaoe lebih besar dari di poelo Djawa. Oepama fabriek karet jang pa[1]ling besar di Indonesia boekan ada di Java, tapi di Sumatra,” tulis laporan koran Sin Po

SinPo.id - SOEDA beroelang-oelang „Sin Po” oendjoek bagimana di Sumatra masi ada lapangan besar boeat peroesahan dan orang Tionghoa djangan intjerken matanja di poelo Djawa sadja jang semingkin sempit. Dalem iapoenja „Nederland in de Oost” Prof. Mr. M. W. F. Treub djoega oendjoek besarnja kapentingan Sumatra boeat sekarang dan kamoedian hari.

Pembatja brangkali ada jang belon taoe, bagimana di Sumatra banjak onderneming-ondememing jang djaoe lebih besar dari di poelo Djawa. Oepama fabriek karet jang paling besar di Indonesia boekan ada di Java, tapi di Sumatra, jalah fabriek di Kisaran (Ooi;tK. v. Sumatra) dari Hollandsch Amerikaansche Plantage Maatschappij (tjabang dari United States Rubber Company)! Peroesahan thee di Sumatra djoega dilakoeken setjara lebih besar dari di Djawa dan begitoepoen dengen laen-laen peroesahan, sebab di Sumatra orang lebih gampang dapet tanah-tanah jang loeas.

Koeli-koeli moesti dikasi dateng dari laen tempat di Sumatra dan ini poen djadi lantaran orang moesti kerdja setjara besar, sebab kaloe kerdja setjara ketjil orang tida bisa kaloearken ongkos boeat import koeli. Di Java kabanjakan onderne[1]ming besarnja itoeng ratoesan bouw tapi di Sumatra itoeng riboean bouw! Deket Siantar (Sumatra) Ned. Ind. Landsyndicaat oepama mempoenjai onderneming jang besarnja 5000 bouw jang soeda diexploiteer; lagi bebrapa taon ini onderneming bakal peroesahaken kira-kira 8000 bou

Sumatra ada negri moeda; thee ia baroe bisa export boeat pertama kali dalem taon 1916, jalah tjoema 3y2% dari antero export thee dari Indonesia. Dalem taon 1917 ini angka naek djadi 4%, daleni taon 1918 7% dan dalem taon 1921 14% Tida poen heran Prof. Treub bilang Sumatra tjoema toenggoe kapitaal dan orang-orang jang brani kerdja; tanah-tanah kosong di Sumatra „wachten alleen op de binnenstrooming van kapitaal en ondernemingsgeest, om den haast onmeteleyken natuurlyken rykdom. van den bodem tot waarde te brengen”(p. 195). Sumatra baroe diboeka boeat peroesahan kira-kira limapoeloe taon berselang, tapi toch dalem itoe sedikit tempo ia soeda bisa ambil kadoedoekan penting.

Tabak Deli tersohor di antero doenia sebagi dekblad boeat lisong[1]lisong qualiteit baek, hingga bikin mengiri onderneming-onderneming di Java. Boeat orang Tionghoa jang sedia banjak kapitaal tida djahatnja boeat perhatiken djoega Sumatra; semingkin banjak peroesahan besar di sana, semingkin banjak kans boeat peroesahan-peroesahan ketjil sebagi waroeng-waroeng dan sebaginja aken mengekor. Dimana ada onderneming besar, disitoe biasanja moentjoel waroeng-waroeng dan laen-laen perdagangan ketjil, hingga djoega boeat kaoem tengah Sumatra kasi kans jang semingkin bertambah boeat berhasil. (*)

 sinpo

Komentar:
BERITALAINNYA