Saifuddin Abdullah: Malaysia Komitmen Dukung Perjuangan Palestina

Laporan: Tri Bowo Santoso
Sabtu, 03 September 2022 | 04:56 WIB
Bendera Malaysia dan Palestina
Bendera Malaysia dan Palestina

SinPo.id - Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah menegaskan, Negeri Jiran tidak akan pernah melepaskan dukungannya pada perjuangan Palestina.

"Saya tegaskan kembali pendirian pemerintah bahwa Malaysia tidak akan pernah melepaskan dukungan pada perjuangan Palestina. Pemerintah setuju dengan temuan-temuan dari organisasi bereputasi bahwa Israel telah melakukan kejahatan apartheid terhadap warga Palestina," ujar Saifuddin melalui akun media sosial, Jumat, 2 September 2022.

Dalam mendukung perjuangan Palestina, Saifuddin menjelaskan ada beberapa isu yang perlu dicermati. Pertama, jika dunia Muslim dan komunitas internasional membuat seruan bahwa pemilihan harus diadakan secepat mungkin, itu akan membantu.

"Itulah jalan ke depan, karena pemilihan di Palestina sudah lama tertunda," ujar Saifuddin.

Negara-negara Muslim terpecah dalam hal normalisasi hubungan dengan Israel. Namun, kata Saifuddin, negara-negara Muslim dapat melakukan lebih di bidang tertentu, seperti memberikan bantuan pendidikan, beasiswa, serta pelatihan untuk pemuda Palestina.

Kedua, sambung Saifuddin, dukungan bagi perjuangan Palestina juga bisa diberikan dalam bentuk lain. Gerakan boikot, divestasi, dan sanksi (BDS) misalnya, telah mendapatkan dukungan yang luas di seluruh dunia.

 sinpo

Komentar: