Soal Antisipasi Penyebaran HIV/AIDS, Dasco Minta Wagub Jabar Jangan Asal Berpendapat

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 31 Agustus 2022 | 20:47 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (SinPo.id/Galuh)
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (SinPo.id/Galuh)

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum tak membuat pernyataan kontroversial terkait pencegahan HIV/AIDS melalui pernikahan poligami. Dasco menilai pendapat Wagub Jabar tersebut bisa saja menjadi jalan keluar bagi komunitas tertentu untuk menghindari penularan HIV/AIDS.

”Menurut saya ya apa yang disampaikan itu mungkin bagi komunitas tertentu itu jalan keluar. Tetapi sebagian besar dari pada rakyat kita kan mungkin berpandangan lain,” kata Dasco seperti dikutip dari laman Parlementaria, Rabu,  31 Agustus 2022.

Solusi mencegah penularan HIV/AIDS, kata Dasco, salah satunya dengan memperkuat keyakinan masing-masing. Masyarakat juga diminta tidak melakukan hal-hal yang dilarang agama. 

"Sehingga ya solusinya yang dilarang agama kan tidak boleh dilakukan. Nah itu sudah cukup menurut saya dan tidak perlu diberikan solusi harus poligami, dan lain sebagainya,” katanya.

Dasco juga meminta Uu berhati-hati dalam melontarkan pernyataan. Kepala daerah diimbau untuk tidak menyampaikan pernyataan yang justru melahirkan kontroversi.

“Di suasana saat ini jangan menimbulkan pernyataan-pernyataan yang kontroversial yang kemudian membuat dinamika di masyarakat. Yang pasti tidak memutuskan menyetujui poligami sebagai pemecahan (masalah) HIV/AIDS,” tegasnya.

Seperti diketahui, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum menyarankan agar warga menikah dan melakukan poligami supaya terhindar dari HIV/AIDS.  Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Bandung membeberkan fakta dari 5.943 kasus positif HIV di Bandung selama periode 1991-2021, dimana 11 persen di antaranya adalah ibu rumah tangga (IRT).sinpo

Komentar: