Sufmi Dasco: DPR Belum Terima Surpres Terkait Pergantian Lili Pintauli di KPK

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 29 Agustus 2022 | 13:17 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (SinPo.id/Anam)
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (SinPo.id/Anam)

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, DPR RI belum menerima Surat Presiden (Surpres), terkait pergantian Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar.

"Sampai hari ini kita belum terima. Mungkin dalam minggu ini kita akan update ke teman-teman media apabila sudah sampai ke DPR," ujar Dasco kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senin 29 Agustus 2022.

Dasco menilai, Presiden atau pemerintah kemungkinan menunggu masa reses DPR selesai, untuk melakukan proses pengiriman Surpres kepada Dewan.

"Saya rasa pemerintah mungkin menunggu kita masuk reses. Kita sudah memulai kegiatan sejak 16 Agustus dan proses administrasi pengiriman yang sedang berjalan," katanya.

Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunggu keputusan Presiden Joko Widodo soal pengganti dari Lili Pintauli Siregar yang mengundurkan diri dari kursi pimpinan KPK.


Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menjelaskan yang berhak menunjuk pengganti Lili di KPK itu Presiden. Pasalnya, mekanisme penggantian Pimpinan KPK itu telah di atur dalam Undang-undang.

"Karena mekanisme mengenai pengisian itu sudah diatur sedemikian rupa di dalam undang-undang, bahwa pimpinan itu diambil dari peserta sebelumnya yang tidak ini (terpilih). Mekanisme itu semua sepenuhnya ada di dalam kompeten dari pada Pemerintah dan DPR," kata Nawawi Pomolango di Gedung KPK Jakarta, Kamis, 11 Agustus 2022.

Nawawi menegaskan pihaknya tidak mempunyai wewenang mengajukan calon nama sebagai pengganti Lili Pintauli Siregar. Menurutnya, para pimpinan KPK lainnya tinggal menunggu Wakil Ketua KPK yang baru.

"Kita nggak perlu memberikan, karena seperti yang saya katakan tadi. Itu sudah diatur secara detail mekanismenya," ungkap Nawawi.

"Kalau kita di tingkat pimpinan, kita nunggu sifatnya. Kalau kita, mereka kirim cepat, alhamdulillah, nggak dikirim cepat juga ya kita masih kerja-kerja aja," terangnya.sinpo

Komentar: