Singkawang Kalimantan Barat Banjir, Belasan Pasien RSUD Dievakuasi

Oleh: Ardi
Minggu, 28 Agustus 2022 | 12:30 WIB
Ilustrasi RSUD Singkawang
Ilustrasi RSUD Singkawang

SinPo.id -  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Aziz Singkawang tergenang banjir pada Sabtu 27 Agustus 2022. Insiden banjir mengakibatkan 14 pasien terpaksa dievakuasi, karena ketinggian air yang merendam bangsal pasien  belum surut hingga Sabtu malam. 

Pada Sabtu kemarin, sejumlah bangsal di RSUD Abdul Azis Singkawang terendam banjir, akibat curah hujan tinggi dan tanggul air laut di Dayang Resort Singkawang jebol. Situasi ini mengakibatkan pasien harus tidur di atas genangan air.

Selain itu, banjir juga menggenangi sejumlah lorong rumah sakit dan sejumlah ruas jalan yang ada di Kota Singkawang yang mengakibatkan akses jalan masuk dan keluar dari Pontianak-Singkawang terhambat.

"Belasan pasien yang dievakuasi merupakan pasien dari bangsal anak sebanyak 11 orang dan 3 pasien dari VIP," kata Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Achmad Hardin di Singkawang, Minggu 28 Agustus 2022. 

Untuk pasien dari kelas VIP dipindah ke kelas 1, sedangkan 11 pasien dari bangsal anak di pindah ke ruang nifas. Sementara pasien yang berada di Ruang Penyakit Dalam dan Bedah, belum bisa dievakuasi, karena ruangannya masih belum ada yang kosong.

Dia berharap hujan tidak turun lagi, karena ketinggian air di RSUD Abdul Azis masih bertahan. Untuk sementara RSUD Abdul Aziz Singkawang tidak menerima pasien IGD, lantaran tidak ada ruangan yang kosong. 

"Jika memang ada pasien, akan kita alihkan ke rumah sakit lain," tambahnya.sinpo

Komentar: