Dewan Pers SinPo

Menteri ESDM: Harga Keekonomian BBM Subsidi Tembus Rp 17.000 per Liter

Oleh: Ardi
Minggu, 28 Agustus 2022 | 13:30 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif
Menteri ESDM Arifin Tasrif

SinPo.id -  

Harga keekonomian BBM bersubsidi, Solar dan Pertalite sudah diatas Rp 17.000 per liter. Hal itu diungkap oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif berdasarkan data ini real time rata rata per bulanan.

"Beban APBN artinya sangat besar untuk Pertalite harus menambal Rp 9.000an dan untuk Solar, hampir Rp 12.000an per liter," ujar Arifin di Kementerian ESDM, pada Jumat 28 Agustus 2022

Untuk Pertalite, kata dia, harga keekonomiannya sudah mencapai Rp 17.200 per liter, di mana hingga saat ini pemerintah masih membanderol harga jual Pertalite Rp 7.650 per liter.  Sedangkan untuk Solar, harga keekonomian mencapai Rp 17.600 per liter di mana harga jual saat ini untuk solar subsidi Rp 5.150 per liter.

"Ini kondisi keekonomiannya," kata dia. 

Sampai saat ini, situasi realisasi penyaluran BBM subsidi sudah mencapai 80 persen. Namun, apakah pemerintah akan menambahkan kuota penyaluran, kata Arifin ini adalah satu paket langkah yang akan dilakukan pemerintah dengan kebijakan yang terkait dengan penyesuaian harga jual BBM ke masyarakat. 

"Sedang kami upayakan akan menambah sekitar 5 - 6 juta kilo liter. Untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat," tambahnya.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER