Satu Juta Dosis Vaksin PMK Asal Australia Akhirnya Tiba di Indonesia

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 26 Agustus 2022 | 21:29 WIB
Proses penyerahan vaksin PMK/Istimewa
Proses penyerahan vaksin PMK/Istimewa

SinPo.id -  Pengiriman pertama 1 juta dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) yang disediakan oleh Pemerintah Australia telah tiba di Indonesia.

Dosis tersebut akan didistribusikan oleh pihak otoritas Indonesia untuk memastikan vaksin dikirim ke daerah yang paling membutuhkan.

“Kami telah berhasil mencocokkan dosis sesuai dengan jenis PMK yang terdapat di Indonesia. Dosis ini akan sangat efektif memberikan perlindungan terhadap hewan ternak Indonesia,” kata Menteri Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Australia, Murray Watt dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 26 Agustus 2022.

Murray Watt mengatakan bahwa upaya penanggulangan kali ini merupakan cara Australia, agar Indonesia sebagai negara tetangga terbebas dari PMK.

“Ini adalah bagian dari pendekatan tiga cabang kami untuk menjaga Australia bebas dari PMK membantu tetangga kami menangani wabah, memperkuat perbatasan biosekuriti kami dan meningkatkan kesiapsiagaan kami di dalam negeri," kata dia.

Menteri Luar Negeri Australia, Penny Wong mengatakan nantinya, Australia masih akan terus mengirim vaksin PMK ke Indonesia pada gelombang pengiriman selanjutnya.

“Dalam beberapa bulan ke depan, Australia akan Kembali memasok USD4,4 juta dalam bentuk vaksin PMK sebagai bagian paket biosekuriti senilai USD10 juta yang baru-baru ini diumumkan untuk Indonesia,” kata Penny.

“Keberhasilan pengiriman vaksin ini menunjukkan komitmen Australia untuk mendukung respons Indonesia terhadap wabah dan menekankan hubungan kerja sama yang erat antara kedua negara kita.” tukas dia.sinpo

Komentar: