Vasyl Hamianin: Ukraina Tak Akan Tunduk Walau Dihujani Ribuan Rudal dan Nuklir Rusia

Laporan: Sinpo
Kamis, 25 Agustus 2022 | 20:09 WIB
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. Foto: Sindo
Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin. Foto: Sindo

SinPo.id - Seluruh warga Ukraina tetap solid berjuang untuk mempertahankan kedaulatan negara dan tidak akan menyerah menghadapi serangan dari Rusia. 

Hal itu ditegaskan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-31 Ukraina di Jakarta, Rabu, 24 Agustus 2022.

Hamianin mengungkapkan, saat ini pasukan Rusia telah menguasai seperlima wilayah Ukraina dan pertempuran masih berkecamuk di wilayah timur dan selatan negara itu.

Meski demikian, Hamianin memastikan, Ukraina tidak akan pernah tunduk, meski negara itu dihujani ribuan rudal, bahkan jika pasukan Rusia menggunakan nuklir sekalipun. Dia yakin bahwa Ukraina akan meraih kemenangan melawan Rusia.

Saat ini ratusan ribu warga Ukraina, yang terdiri dari anggota militer dan sipil terus melakukan perlawanan terhadap pasukan Rusia sementara konflik antara dua negara bertetangga itu telah memasuki bulan keenam.

“Saat ini, banyak dari kami yang berjuang mempertahankan kedaulatan negara. Saya memanggil mereka sebagai warrior (pejuang). Sebab, mereka bukan hanya tentara militer, tapi juga guru, teknisi, ahli IT, dan banyak lagi. Ada juga warga Krimea yang dulu melarikan diri dari agresi Rusia kini kembali berjuang di medan tempur,” tutur Hamianin.

Saat ini, banyak warga Ukraina yang menjadi korban perang, dengan sekira 15 juta penduduk Ukraina terpaksa mengungsi, mayoritas menuju negara Eropa Barat. Jutaan pengungsi dari Donetsk dan Luhansk juga terpaksa meninggalkan rumah mereka, beberapa mengungsi ke Rusia.

 sinpo

Komentar: