Pemilu 2024 Sudah Dekat, Apa Sih yang Sudah Dipersiapkan Partai Politik?

Laporan: Sinpo
Kamis, 25 Agustus 2022 | 19:28 WIB
Parpol peserta Pemilu 2024
Parpol peserta Pemilu 2024

SinPo.id - Pemilu 2024 sudah masuk tahapan proses verifikasi administrasi partai politik (Parpol). Semua Parpol akan bertarung dalam pesta demokrasi 2024 tentunya sudah melakukan persiapan.

Dalam Webinar Election Talk seri #1 dengan tema “Persiapan Partai Politik menjelang Pemilu 2024: Tantangan dan Peluang” yang digelar Pusat Riset Politik - BRIN bekerjasama dengan International IDEA, Pipin Sopian dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengungkap, partainya berjalan dengan konsep dan sistem yang telah dibangun dengan baik. PKS juga memiliki modal untuk menghadapi Pemilu 2024.

"Modalnya yakni militansi kader dan kerja kolektif yang dibangun oleh PKS. Menghadapi proses Pemilu 2024 yang kita lakukan adalah menyiapkan kader-kader terbaik. Proses rekrutmen pencalegan juga sangat memelihara bagaimana dari sisi integritas, kapasitas kemudian penerimaan publik terhadap para caleg-caleg itu," ujarnya saat menjadi narasumber webinar yang digelar secara daring, Kamis, 25 Agustus 2022.

PKS, sambung Pipin, juga telah membuat parameter untuk rekrutmen caleg. Sehingga tidak ada caleg yang punya modal besar didukung oleh oligarki. PKS memiliki sistem yang sudah mapan sehingga tidak ada money politik di internal partai. 
"Jadi itulah yang kami bangun sampai saat ini," tutur Pipin.

Pipin mengklaim, para kader sadar bahwa PKS adalah partai yang tidak memiliki kekuatan uang. Maka, kata Pipin, dengan kesadaran anggota partai untuk mau berkontribusi, berpartisipasi dalam politik sangat kuat. Salah satu yang dilakukan adalah membuat tabungan Pemilu.

"Kami punya tabungan Pemilu. Jadi dalam menghadapi Pemilu nanti anggota PKS sudah menyiapkan tabungan Pemilu. Siapapun calonnya yang didukung maka kita akan support," kata Pipin.

"Inilah strategi kami. Ketika memahamkan kepada kader, ya bahwa berpolitik adalah bagian dari ibadah. Kita berkontribusi dalam perbaikan bangsa ini dengan menempatkan orang-orang terbaik sehingga melahirkan kebijakan yang terbaik, tidak berpihak kepada para cukong atau para koruptor," sambung Pipin.

Dia menyatakan, PKS memastikan bahwa keberpihakan partai adalah kepada rakyat secara umum. Itu terus disampaikan pengurus partai proses kaderisasi dan saat pembinaan kader.

Menurutnya, PKS juga menyiapkan program dan gagasan yang bisa menarik minat dan membuat kader semangat untuk mengkampanyekan PKS. Program tersebut antara lain menghapuskan pajak sepeda motor 100 cc. Tujuannya untuk memberikan insentif pajak kepada masyarakat kalangan bawah.

Kemudian memperjuangkan pemberlakuan surat izin mengemudi (SIM) seumur hidup dan menghapus pajak penghasilan di bawah Rp8 juta. Selain itu, memberikan perlindungan terhadap tokoh agama. 
"Program itu terus kami perjuangkan sampai saat ini. Kami berjanji jika PKS menang akan kami realisasikan program tersebut," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, politisi Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan, sejak 21 tahun yang lalu berdiri, partai berlambang bintang mercy sudah melaksanakan kongres dan pemilihan ketua umum sebanyak lima. Partai Demokrat juga melakukan regenerasi. Pengurus DPP Partai Demokrat lebih dari 30 persen adalah pengurus baru.

"Ini menunjukkan betapa keterbukaan yang kami berikan dan kesempatan yang sama kepada semua. Tidak mesti orang yang sudah lama atau misalnya katakanlah anaknya siapa katakan sudah ada siapa. Semua melalui proses seleksi, ada pengumumannya, ada interviewnya ada seleksinya," kata Herzaky.
 
Dia menyatakan, rekrutmen kader hingga pengurus dilakukan secara terbuka dan melalui mekanisme yang telah ditetapkan oleh partai. Dia menyebut, penentuan caleg dan segala kebijakan itu dimulai dari kepengurusan di provinsi dan kabupaten kota.

"Mengenai rekrutmen kader kami lakukan secara terbuka. Dan keberpihakan kepada perempuan jelas. Keberpihakan kepada kaum muda, itu nyata. Kita mengikutsertakan kaum milenial sejak awal karena proses pembuatan keputusan itu bukan hanya di caleg," tandas Herzaky.
 

 sinpo

Komentar: