Nyatakan Siap Maju Sebagai Capres, Elektabilitas Pak Bowo Semakin Meningkat

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 19 Agustus 2022 | 13:18 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Foto: Istimewa
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Foto: Istimewa

SinPo.id - Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, menilai bahwa elektabilitas Prabowo Subianto atau karib disapa Pak Bowo meningkat sejak mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon presiden (Capres) 2024.

"Dugaan saya ada pengaruh positif tentang pernyataan Prabowo yang siap untuk maju sebagai calon presiden 2024, bisa berdampak terhadap kenaikan elektabilitas Pak Bowo," kata Karyono kepada SinPo, Jumat 19 Agustus 2022.

Menurutnya, sebelum Pak Bowo mendeklarasikan kesiapannya, banyak masyarakat yang masih ragu apakah Menteri Pertahanan itu akan maju atau tidak, sehingga para pendukung Pak Bowo lebih memilih untuk wait and see.

"Mungkin selama ini orang ragu ya apakah Pak Bowo akan maju atau tidak. Jadi pemilih yang tadi ingin mendukung Pak Bowo masih ada keraguan," ungkapnya.

Namun, kata Karyono, pernyataan Pak Bowo yang siap maju sebagai calon presiden, dengan partai koalisi yang sudah jelas telah menimbulkan kepastian yang akan membawa dampak positif kepada meningkatnya elektabilitas Pak Bowo.

"Nah ketika Pak Bowo deklarasi menyatakan siap maju sebagai capres, itu kemungkinan akan ada dampak positif. Nanti kita lihat tren elektabilitas Pak Bowo seperti apa pasca deklarasi," tuturnya.

 sinpo

Komentar: