Tenggak Tramadol, Nairo Quintana Didiskualifikasi dari Tour de France

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 19 Agustus 2022 | 02:47 WIB
Pembalap sepeda Fabio Quintana (Ist)
Pembalap sepeda Fabio Quintana (Ist)

SinPo.id - Pembalap sepeda asal Kolombia, Nairo Quintana secara retrospektif didiskualifikasi dari Tour de France. Quintana harus rela didiskualifikasi usai ditemukannya kandungan Tramadol dalam dua sampel darah.

Badan pengatur dunia Union Cycliste Internationale (UCI) telah menyatakan melarang penggunaan Tramadol sejak 2019. Pelanggaran yang  dilakukan Quintana sendiri merupakan pelanggaran berdasarkan aturan medis dan bukan merupakan pelanggaran anti-doping.

"UCI mengumumkan bahwa pebalap Kolombia Nairo Alexander Quintana Rojas telah dikenai sanksi karena melanggar larangan penggunaan tramadol dalam kompetisi. Sebagaimana diatur dalam Peraturan Medis UCI, dengan tujuan melindungi keselamatan dan kesehatan pengendara mengingat efek samping dari zat ini," tulis pernyataan UCI seperti dikutip Skysports.

Quintana memiliki dua finis lima besar untuk Arkea-Samsic di atas panggung selama Tur musim panas ini, dengan posisi terbaiknya berada di posisi kedua di belakang pemenang keseluruhan Jonas Vingegaard di Etape 11 di Col du Granon.

"Karena ini adalah pelanggaran pertama, Nairo Alexander Quintana Rojas tidak dinyatakan tidak memenuhi syarat dan oleh karena itu dapat berpartisipasi dalam kompetisi," ucapnya.sinpo

Komentar: