KPK Tatar Pengurus PSI Soal Pendidikaan Antikorupsi

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:05 WIB
Ipi Maryati/KPK
Ipi Maryati/KPK

SinPo.id -  Komisi Pemberantasan Komisi (KPK) berikan pembekalan antikorupsi kepada Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kegiatan berlangsung secara daring dan luring serta terbatas di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK.

Pelaksana tugas Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati mengungkakan pembekalan antikorupsi ini merupakan rangkaian kegiatan program Politik Cerdas Beritegritas (PCB) Terpadu 2022.

"Wakil Ketua KPK Alexander Marwata diagendakan membuka kegiatan bersama Sekjen PSI Dea Tunggaesti, Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka, Bendahara Umum Suci Mayang Sari, dan Wakil Bendahara Lila Zuhara," kata Ipi kepada wartawan di Jakarta, Kamis 18 Agusutus 2022.

Ipi menjelaskan, kegiatan tersebut juga akan dihadiri secara langsung oleh sekitar 69 kader partai. Selebihnya para pengurus DPD/DPW dan DPC akan mengikuti kegiatan pembekalan secara daring.

Selain itu, para peserta akan menerima pembekalan sejumlah materi, diantaranya tentang Penguatan Integritas, Sistem Integritas Partai Politik (SIPP), dan pembahasan pembelajaran mandiri antikorupsi yang akan disampaikan oleh para pejabat di Kedeputian Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK.

Melalui kegiatan ini, kata Ipi, KPK mendorong penguatan integritas partai politik sebagai institusi politik yang memiliki peran penting dalam menghasilkan para pemimpin dan pejabat publik baik di pusat maupun daerah.

"Harapannya, penguatan integritas internal partai politik melalui pendidikan antikorupsi bagi kader dan pembangunan sistem antikorupsi memperkuat parpol sebagai institusi politik yang berintegritas dan menekan korupsi di sektor politik," ujarnya.

PSI merupakan partai ke-14 setelah sebelumnya KPK memberikan pembekalan yang sama kepada jajaran pimpinan dan pengurus dari 13 parpol, yaitu PAN, PBB, Demokrat, Gerindra, PDIP, Golkar, Hanura, Berkarya, PKS, PKB, Perindo, PPP, dan Nasdem.sinpo

Komentar: