Menlu AS Ucapkan Selamat untuk HUT RI Ke-77

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:31 WIB
Antony Blinken/AFP
Antony Blinken/AFP

SinPo.id -  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, mengucapkan selamat kepada seluruh rakyat Indonesia yang hari ini merayakan kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

"Atas nama Amerika Serikat, saya mengirimkan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia pada kesempatan Hari Kemerdekaan Indonesia," kata Blinken dalam pernyataan resminya, Rabu 17 Agustus 2022.

Pihaknya juga menyatakan bahwa AS sangat bangga dengan sejarah panjang hubungan persahabatan dan kerja sama antara AS dan Indonesia.

"Saya menyaksikan secara langsung kekuatan hubungan kami dan pentingnya Kemitraan Strategis AS dan Indonesia ketika saya mengunjungi Jakarta pada Desember 2021 dan Bali pada Juli 2022," ungkapnya.

Selain itu, Blinken juga menyatakan bahwa AS mendukung penuh kepemimpinan global Indonesia sebagai Presiden G20 tahun ini dan menantikan Kepemimpinan Indonesia berikutnya pada ASEAN 2023.

"Amerika Serikat merasa terhormat memiliki mitra yang begitu dekat di kawasan ini, saat kami bekerja untuk mengamankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata Blinken menambahkan.

Terakhir, ia menyampaikan selamat untuk hari yang sangat menggembirakan kepada seluruh masyarakat Indonesia atas kemerdekaan negara Indonesia sejak 17 Agustus 1945.sinpo

Komentar: