Dewan Pers SinPo

Bamsoet Puji Kenegarawanan Jokowi Saat Berkunjung ke Ukraina dan Rusia

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:21 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (SinPo.id/Instagram)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (SinPo.id/Instagram)

SinPo.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memuji sikap negarawan Presiden RI Joko Widodo. Hal itu salah satunya ditunjukkan dengan mengunjungi Ukraina dan Rusia saat konflik, demi mewujudkan kedamaian dunia.

"Kenegarawanan Presiden Jokowi kembali ditunjukkan melalui pelaksanaan salah satu tujuan pembentukan pemerintah negara Indonesia. Yaitu dengan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial," ujar Bamsoet dalam sidang tahunan MPR RI, Selasa 16 Agustus 2022

Kondisi global saat ini, kata Bamsoet, kian tak menentu. Saat ini, semua negara tengah berusaha memulihkan kondisi ekonomi di tengah konflik Ukraina dan Rusia, serta pandemi Covid-19.

"Di tengah hal itu Jokowi telah menunjukkan kenegarawanannya, salah satunya dengan ikut menjaga perdamaian dunia. Misi perdamaian Presiden, dengan mengunjungi Ukraina dan Rusia beberapa waktu yang lalu, patut kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya," paparnya.

Lebih jauh Bamsoet menyampaikan, perang akan selalu membawa petaka hingga kehancuran. Perang hanya akan membawa krisis kemanusiaan, ekonomi hingga pangan dan energi.

Jokowi juga telah mengingatkan ancaman krisis global yang saat ini menghantui seluruh negara. Ada setidaknya 66 negara terancam ambruk, namun tak ada nama Indonesia di sana.

"Dari hasil survey Bloomberg, Indonesia dinilai sebagai negara dengan resiko resesi yang kecil, hanya tiga persen. Sangat jauh jika dibandingkan dengan rata-rata negara Amerika dan Eropa, yang mencapai 40 hingga 55 persen," katanya.

Pujian Bamsoet itu disampaikan di depan Presiden Joko Widodo dan Wapres KH. Ma'ruf Amin yang hadir langsung dalam sidang tahunan.sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER