Paspampres hingga TNI dan Polri Tumpah Ruah Jaga Sidang Tahunan MPR

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 16 Agustus 2022 | 09:25 WIB
Anggota keamanan jelang sidang bersama (SinPo.id/Sigit)
Anggota keamanan jelang sidang bersama (SinPo.id/Sigit)

SinPo.id - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) akan menggelar Sidang Tahunan MPR 2022 dan Sidang Bersama DPR-DPD RI hari ini, Selasa, 16 Agustus 2022 . Acara akan dimulai pukul 09.30 WIB di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Berdasarkan Pantauan Sin Po.id, sejumlah pihak keamanan sudah bersiaga di setiap sudut pintu gerbang DPR. Sejumlah personel kepolisian tampak berbaris rapi fokus mendengarkan arahan dari komandan masing-masing.

Begitu juga personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari berbagai matra tampak menghiasi pemandangan halaman Gedung DPR RI.

Sidang Tahunan MPR hari ini dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Kemungkinan berdasarkan info dari kesekjenan DPR RI, Presiden hadir pukul 09.30 WIB.

Hal itu juga terlihat dari bersiaganya Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres) terutama di pintu utama Gedung Nusantara, tempat Sidang Paripurna.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan dua pidato di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Senin 16 Agustus 2022.

Pertama, Presiden akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 yang akan dimulai sekitar pukul 09.30 WIB.

Sebelum Jokowi menyampaikan pidatonya, Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022 akan terlebih dahulu dibuka oleh Ketua MPR RI untuk kemudian dilanjutkan dengan Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPR RI.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden akan menyampaikan pidato dalam rangka Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI.

Selanjutnya, Jokowi akan menyampaikan pidato pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2022-2023 yang akan dimulai pada pukul 13.30 WIB dan dibuka oleh Ketua DPR RI. Presiden akan berpidato dalam rangka Penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya.sinpo

Komentar: