Lagi, Rusia Luncurkan Bom ke Area PLTN di Ukraina

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 08 Agustus 2022 | 09:38 WIB
Bom Rusia yang menghantam area PLTN di Ukraina (Ist)
Bom Rusia yang menghantam area PLTN di Ukraina (Ist)

SinPo.id - Rusia kembali meluncurkan bom ke Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia, Ukraina, yang merupakan pabrik nuklir terbesar di Eropa.

"Teror nuklir Rusia membutuhkan respons dari komunitas internasional, dengan memberikan sanksi terhadap industri nuklir Rusia dan bahan bakar nuklir," tulis Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, di Twitter, seperti dilansir dari VoA, Senin 8 Agustus 2022.

Perusahaan nuklir Ukraina, Energoatom, mengatakan bahwa serangan Rusia merusak tiga sensor radiasi di pabrik tersebut, dan melukai seorang pekerja dengan pecahan peluru.

"Serangan roket Rusia menghantam gudang penyimpanan, tempat disimpannya 174 kontainer dengan bahan bakar nuklir bekas," ungkapnya.

Kerusakan tersebut juga membuat para pekerja kesulitan untuk mendeteksi dengan cepat jika ada kebocoran radiasi dari wadah bahan bakar nuklir bekas.

Sebelumnya, Kepala Badan Energi Atom Internasional mengatakan bahwa aktivitas militer di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dapat menimbulkan bencana yang besar.

Pasalnya, serangan pertama Rusia telah memutus reaktor dari saluran listrik bertegangan tinggi, meskipun tidak ada kebocoran radioaktif yang terdeteksi.sinpo

Komentar: