Partai Buruh Kembali Sambangi KPU untuk Minta Penjelasan Soal Sipol

Laporan: Tri Bowo Santoso
Kamis, 04 Agustus 2022 | 23:42 WIB
Lambang Partai Buruh. Foto: Istimewa
Lambang Partai Buruh. Foto: Istimewa

SinPo.id - Partai Buruh kembali menyambangi Kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis sore, 4 Agustus 2022 untuk kedua kalinya. Partai yang digawangi Said Iqbal itu meminta klarifikasi dari KPU terkait kendala teknis input data di sistem informasi partai politik (Sipol).

"Pada pertemuan hari ini sejumlah eksko (eksekutif komite) dari beberapa provinsi, kabupaten/kota di Jabodetabek meminta ikut memastikan tidak saja mendengar informasi dari eksko pusat tetapi juga langsung datang ke KPU," kata Ketua Tim Khusus Pemenangan Partai Buruh Said Salahudin.

Said mengatakan, dirinya bersama jajaran pengurus daerah diterima Anggota KPU RI Idham Holik. Dalam pertemuan itu dibahas soal permasalahan teknis dan sistem yang diterapkan di dalam Sipol.

Said menjelaskan, salah satu hal yang diprotes Partai Buruh adalah soal input data keanggotaan yang tertunda, dan berefek pada input data kepengurusan dan alamat kantor.

"Dari Partai Buruh sendiri jumlah (data keanggotaan) yang kami serahkan sampai jam 16.00 lebih dari 285 ribu anggota, dan kami perkirakan nanti kami akan sampai di level 320 ribu anggota," tutur Said.

Oleh karena itu, Said meyakini masalah yang terjadi di Sipol sudah hampir selesai. Di samping itu, permintaan klarifikasi Partai Buruh juga untuk menghindari persepsi-persepsi buruk terhadap KPU.

"Saya khawatir kekeliruan pemahaman. Saya pastikan, KPU sampai detik ini tidak pernah menghilangkan data partai, tidak ada. Saya pastikan dari komisoner, dari petugas helpdeks dan sebagainya, data kami aman," tukas Said.

"Artinya aman, tidak ada pengurangan data, penghapusan data yang dilakukan KPU. Di luar itu juga kami tidak pernah menyampaikan ada penghapusan data, yang kami sampaikan hanya ada data yang dikirim dan tampil itu tidak sama," pungkas Said.

 sinpo

Komentar: